Berita Kampus

August 07, 2024

Surabaya (Berita Kampus) – Melakukan seleksi dari 30 sekolah di Jawa Timur untuk tingkat SMA dan SMK dalam Business Plan Competition tahun 2024 yang di gelar oleh Senat Mahasiswa Universita (SMU) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Undang sepuluh besar finalis untuk dilakukan seleksi tahap akhir. Bisnis plan adalah sebuah panduan atau dokumen tertulis yang merangkum tujuan dan operasional bisnis secara menyeluruh. Tentunya bisnis plan yang dikompetisikan di tingkat SMA/SMK ini merupakan dokumen yang menyatakan keyakinan akan kemampuan sebuah bisnis untuk menjual barang atau jasa dengan menghasilkan keuntungan yang memuaskan dan menarik bagi calon penyandang dana.

Salah satu finalis terjauh dari SMAN 1 Kabupaten Lamongan Anaza Zahrotussita mengambil tema dari bisnis plan-nya yaitu ikanku, merupakan produk pakan ternak yang diolah dari limbah ikan, yang berdasarkan kajian mereka paling banyak dan menjadi problem lingkungan  di kabupaten Lamongan. “Konsep ikanku itu merupakan produk pelet pakan ternak dari limbah yang mencemari lingkungan. Kita menyadari bahwa limbah ikan-ikan ini masih memiliki kandungan protein yang banyak, sehingga kita jadikan pelet pakan ternak, terutama untuk unggas” terang Sita mewakili ketiga rekannya.

Berbeda dari finalis lainnya yang dari luar kota, Jersey Maharani Tjior dari SMA Kristen Petra 2 Surabaya lebih memilih bisnisnya berkaitan dengan kuliner. Hal ini dipilih karena dalam muatan lokal pelajaran di sekolahnya telah dipelajari cara-cara bisnis kuliner. Fusion food, inovasi bidang makanan yang menggabungkan beberapa unsur tradisi kuliner yang berbeda dari 2 negara atau lebih. “Kami memilih fusion food sebagai kombinasi elemen dari berbagai tradisi kuliner yang berasal dari budaya atau wilayah yang berbeda, namun masih kami tetap pilih makanan Indonesia” jelas Jersey.


Berita Terbaru
Kategori Berita
Kemitraan Internasional
Monash University Universiti Teknologi Mara Hutech University of Technology International Cultural Communication Center Malaysia Maejo University Thepsatri Rajabhat University USSH Saint Louis University Institut Pendidikan Guru
Copyright © 2023 by Universitas PGRI Adi Buana Surabaya