Berita Kampus

July 31, 2024

Surabaya (Berita Kampus) – Berita yang sangat menggembirakan bagi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, karena webometrics  yang merupakan Rangking Web of Word Universites telah merilis urutan pemeringkatan webometrics bagi kampus di Indonesia. Peringkat ke-66 dari 3523 kampus negeri dan swasta di seluruh Indonesia. Ini merupakan rilis bagi kampus-kampus terbaik di seluruh dunia sejak tahun 2004, termasuk di Indonesia. Adi Buana secara keseluruhan raih peringkat 4225 kampus terbaik versi dunia. Meraih peringkat ke-1 untuk kampus terbaik versi webometrics untuk kampus PGRI se-Indonesia. Di Jawa Timur Universitas PGRI Adi Buana Surabaya merupakan peringkat ke-14 untuk seluruh kampus negeri dan swasta.

Penilaian pertama, Visibilitas yang berkaitan dengan dampak dari konten yang diunggah pada situs kampus. Penilaian dilakukan melalui jejaring atau situs eksternal website resmi perguruan tinggi yang bersangkutan. Universitas yang tidak memiliki server web secara penuh dalam waktu 24/7 tidak termasuk dalam kriteria ini. Selama dua bulan berturut-turut sebelum data dirilis, Webometrics akan mengirimkan sinyal pada situs universitas dan kampus yang tidak menjawabnya tidak akan masuk dalam daftar. Metode ini memiliki bobot yang paling besar yakni 50 persen dengan sumber indikator berasal dari Ahrefs Majestic.

Penilaian kedua, Transparansi lebih mengacu pada peneliti yang paling banyak dikutip dari kampus tersebut. Webometrics menilai jumlah kutipan dari 310 penulis teratas yang bersumber melalui Google Scholar Profiles. Metode ini memiliki bobot 10 persen.

Penilaian Ketiga, Keunggulan merupakan metode yang berhubungan dengan makalah yang paling banyak dikutip dari kampus tersebut di 27 bidang disiplin. Data yang diperhitungkan berjangka lima tahun. Sumber data diambil dari Scimago dan diberikan bobot 40 persen.

Nilai yang diperoleh oleh kampus ini sangat memukau perkembangannya. Karena saat Januari 2024 diumumkan, saat itu Adi Buana meraih peringkat ke-120. Pengumuman pada Juli 2024 Adi Buana naik menjadi peringkat ke-66. Berdasarkan penilaian posisi untuk Impact Rank mendapatkan nilai 3418, kemudian Openness rank mendapatkan nilai 2761 serta untuk Exellence Rank mendapatkan nilai 5857.

Menurut Dr Reza Rachmadtullah, M.Pd selaku Kepala LPPM Adi Buana menyebutkan bahwa webometrics telah melakukan pemeringkatan yang mencakup 32.000 institusi pendidikan tinggi di seluruh dunia sejak tahun 2024. Pemeringkatan yang dilakukan oleh badan riset publik terbesar di Spanyol ini, diukur melalui tiga kriteria penilaian utama yakni visibilitas, transparansi dan keunggulan. “Tetaplah mensyukuri nikmat, atas semua prestasi yang dimiliki oleh Adi Buana, saya juga berterima kasih kepada semua pihak telah konsisten mendukung seluruh kinerja, konsistensi rekan-rekan dalam mengamankan seluruh aktivitas website lembaga juga bagian terpenting, karena seluruh informasi terletak di sana” terang Reza. (*)

sumber : https://www.webometrics.info/en/asia/indonesia%20


Berita Terbaru
Kategori Berita
Kemitraan Internasional
Monash University Universiti Teknologi Mara Hutech University of Technology International Cultural Communication Center Malaysia Maejo University Thepsatri Rajabhat University USSH Saint Louis University Institut Pendidikan Guru
Copyright © 2023 by Universitas PGRI Adi Buana Surabaya