Berita Kampus

June 21, 2024

Surabaya – Menjadi tamu prioritas, Wakil Rektor I Universitas PGRI Adi Buana Surabaya mendampingi langsung Kepala Dinas Sosial Kota Surabaya. Menghadiri peresmian Rumah Anak Prestasi Dukuh Menanggal. Rumah Anak Prestasi (RAP) dilengkapi dengan fasilitas Ruang Terapi Wicara, Terapi Akupuntur, Terapi Perilaku dan Okupasi, Dokter Umum dan Spesialis, Fisioterapi, Handycraft, Melukis, Menjahit, Membatik, Musik, Modeling, Fotografi, Pembelajaran dan Konseling, dan Minimarket, khusus di Dukuh Menanggal dilengkapi fasilitas olahraga. RAP Dukuh Menanggal merupakan bangunan yang keempat, yang pada hari Kamis kemarin (20/6) diresmikan oleh Walikota Surabaya Eri Cahyadi didampingi Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kota Surabaya Rini Indriyani.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Surabaya, Anna Fajriatin mengatakan bahwa seluruh anak-anak istimewa di Kota Surabaya dapat memanfaatkan segala fasilitas dan ruang yang tersedia di RAP ini secara gratis, dan tidak dipungut biaya. Selain itu, Pemkot Surabaya juga menyediakan orang-orang yang hebat untuk melatih mereka menjadi anak-anak yang mandiri serta berprestasi.

“Khusus pak walikota dan ibu Rini Cahyadi untuk hari ini, akan diberikan baju batik yang bergambarkan suro dan boyo yang saling berhadapan, menandakan sedang bercengkerama, saling bercerita. Seluruh desain baju dan batik dikerjakan oleh putera-puteri kita dari RAP ini” terang ibu Anna saat pidato di depan para hadirin semua.

Ibu Anna juga bercerita bahwa baju yang digunakan tersebut merupakan daur ulang sprei dari Ciputra Hotel, yang didesain langsung oleh anak-anak dari RAP. Saat ini Kota Surabaya memiliki empat RAP, diantaranya RAP Kedung Cowek, RAP Nginden Semolo, RAP Sonokwijenan, dan RAP Dukuh Menanggal. Seluruh fasilitas yang ada di seluruh RAP di Kota Surabaya dapat dimanfaatkan secara gratis oleh warga Kota Pahlawan. Sebab, Walikota  berkomitmen mendekatkan pelayanan Pemkot Surabaya kepada masyarakat.

Dipilihnya kawasan Kelurahan Dukuh Menanggal yang berada di Surabaya Selatan tentunya  sangat cocok untuk kebutuhan pendidikan. Berdekatan langsung dengan kampus besar Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, kawasan Kelurahan Dukuh Menanggal ternyata sangat luas dan ramah untuk anak. Walikota Eri Cahyadi mengatakan, RAP keempat ini bertujuan untuk mewadahi kreativitas anak-anak disabilitas, khususnya yang berada di wilayah Surabaya selatan.

"Dengan berdirinya RAP di Surabaya selatan ini, membuktikan bahwa kita saling menguatkan. Artinya, pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) dilakukan merata, terutama untuk anak yang memiliki kelebihan kita siapkan, kelebihan mereka dari Tuhan, mereka punya kemauan yang tinggi, mari kita belajar, kita yang nampak gagah malah kadang sering saling menjatuhkan, melalui Rumah Anak Prestasi ini, batin kita digugah dan diingatkan, anak-anak yang memiliki kekurangan selalu berjuang untuk menunjukkan prestasinya" kata Walikota Eri, dalam pidatonya.

Walikota yang akrab disapa Cak Eri ini menjelaskan, RAP Dukuh Menanggal dilengkapi dengan fasilitas yang lebih lengkap dari tiga RAP sebelumnya. Untuk itu, dirinya berharap agar keempat RAP di setiap wilayah Kota Surabaya saling bersinergi memberikan pelatihan terbaik untuk anak-anak disabilitas. Walikota juga berharap dengan momen peresmian ini, menggugah kesadaran kita untuk lebih ramah lagi, lebih bergotong royong kembali untuk membangun Kota Surabaya. (*)


Berita Terbaru
Kategori Berita
Kemitraan Internasional
Monash University Universiti Teknologi Mara Hutech University of Technology International Cultural Communication Center Malaysia Maejo University Thepsatri Rajabhat University USSH Saint Louis University Institut Pendidikan Guru
Copyright © 2023 by Universitas PGRI Adi Buana Surabaya