Berita Kampus

May 13, 2024

Jakarta – Melalui surat elektronik Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan tertanggal 9 Mei 2024, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya masuk dalam peraih hibah Program Bantuan Pembentukan dan Penguatan Unit Layanan Disabilitas. Masuk kategori 2 bersama dengan 18 kampus lainnya se-Indonesia. Dalam surat elektronik tersebut bahwa Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan nomor 1447/E2/DT.00.03/2024 pada tanggal 22 Februari 2024 perihal Penawaran Program Bantuan Pembentukan dan Penguatan Unit Layanan Disabilitas di Perguruan Tinggi Tahun 2024, dan berdasarkan evaluasi dan penilaian yang telah dilakukan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan telah menyelesaikan seleksi proposal Program Bantuan Program Bantuan Pembentukan dan Penguatan Unit Layanan Disabilitas pada perguruan tinggi. Kategori 1 diraih sebanyak 29 kampus, sehingga secara keseluruhan se-Indonesia terdapat 38 kampus.

Amelia Rizky Idhartono SPd MPd, salah satu dosen dari program Studi Pendidikan Khusus Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) melalui proposalnya yang diunggah pada 22 Maret 2024. Dosen yang memiliki skor SINTA 243 untuk tiga tahun terakhir ini, memang kerap berlangganan mendapatkan hibah dari Dikti. Bahkan pernah mendapatkan hibah  Inovasi Pembelajaran Dan Teknologi Bantu ( Teknologi Asistif) bersama rekan-rekan satu timnya. Hibah ULD yang selalu diumumkan oleh website Layanan Mahasiswa Disabilitas, memang memiliki tujuan mendorong perguruan tinggi untuk perluasan akses pendidikan bagi individu berkebutuhan khusus. Meningkatkan mutu layanan pembelajaran untuk mahasiswa berkebutuhan khusus.

“Hibah ini intinya, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya merupakan kampus inklusif yang menerima Mahasiswa Berkebutuhan Khusus (MBK). Nah, kita ingin memberikan pelayanan untuk MBK tersebut. Kita sudah ada volunteer MBK yg tergabung di Adi Buana Disability Center (ADC). Hibah ini untuk memperkuat Unit Layanan Disabilitas (ULD) untuk lebih bisa memberikan pelayanan kepada MBK yang lebih baik” terang Ibu Amel.

Program Bantuan Inovasi Pembelajaran dan Teknologi Bantu untuk Mahasiswa Berkebutuhan Khusus dibagi menjadi dua skema. Skema 1, merupakan Pembelajaran Inovatif diperuntukan bagi perguruan tinggi yang sudah memiliki mahasiswa berkebutuhan khusus. Inovasi pembelajaran yang dihasilkan berupa metode atau media yang dapat meningkatkan kemudahan dan efektivitas mahasiswa berkebutuhan khusus dalam mengikuti pembelajaran di perguruan tinggi. Inovasi pembelajaran yang dihasilkan harus dapat diimplementasikan dalam semester/tahun berjalan pelaksanaan program bantuan.

“Kami mengambil Skema 2, tentang Teknologi Bantu (Teknologi Asistif/Adaptif) yang diperuntukan bagi Perguruan tinggi yang sudah memiliki mahasiswa berkebutuhan khusus maupun perguruan tinggi yang belum memiliki mahasiswa berkebutuhan khusus. Teknologi bantu yang dihasilkan terutama teknologi yang bermanfaat untuk meningkatkan kemudahan, keselamatan dan efektivitas dalam menjalankan aktivitas kehidupan sehari-hari” imbuh Ibu Amel.

Proposal ibu Amelia bercerita banyak. Adi Buana dengan Unit Layanan Disabilitas (ULD) yang menyediakan volunteer untuk membantu MBK. Hal ini sejalan dengan Permendikbudristek No. 48 Tahun 2023 tentang Akomodasi yang layak untuk peserta didik penyandang disabilitas. Adibuana Disability Center (ADC) yang berdiri sejak tahun 2017, bertujuan untuk memberikan fasilitas dan aksesibilitas yang dapat memudahkan serta memaksimalkan MBK dalam menempuh pendidikan, baik pada saat pembelajaran (akademik) maupun nonakademik. Adapun layanan akademik yang telah diberikan diantaranya pendampingan kepada tunarungu dengan interpreter Juru Bahasa Isyarat (JBI), pendampingan saat UTS dan UAS, pengadaan lingkungan aksesibel seperti adanya ramp dan guiding block, pendampingan kepada dosen dalam mengembangkan perangkat pembelajaran yang adaptif bagi MBK. Tentunya fasilitas kampus Semangat PAGI, akan selalu berbenah agar layanan kepada mahasiswa selalu menjadi prioritas utama. (*)


Berita Terbaru
Kategori Berita
Kemitraan Internasional
Monash University Universiti Teknologi Mara Hutech University of Technology International Cultural Communication Center Malaysia Maejo University Thepsatri Rajabhat University USSH Saint Louis University Institut Pendidikan Guru
Copyright © 2023 by Universitas PGRI Adi Buana Surabaya