Berita Kampus

March 28, 2024

Surabaya – Bertemakan meningkatkan keimanan dengan Al-Qur’an sebagai pedoman di era Gen Z. Peringatan Nuzulul Qur'an adalah salah satu peristiwa yang sangat penting bagi kaum muslimin. Peringatan ini biasanya dilakukan setiap malam ke-17 Ramadhan. Umat Islam memperingati peristiwa Nuzulul Qur'an dengan melakukan berbagai amalan ibadah seperti tadarus, shalat malam, i'tikaf di masjid, dan lain-lain. Selain itu, kaum muslimin juga menggelar berbagai kegiatan keagamaan seperti tilawah, nasyid, ceramah, dan sebagainya. Masjid Luhur Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, menghadirkan penceramah Ustadz Imam Sya’roni Lc MThi.

“Syekh Muhammad Khudari Beik mengatakan dalam Tarikh At-Tasyri Al-Islami, definisi Al-Quran adalah lafaz berbahasa Arab yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW untuk dipahami isinya dan selalu diingat, disampaikan dengan cara mutawatir, tertulis dalam mushaf yang dimulai dengan surah Al Fatihah dan diakhiri surah An Nas” ulas Ustadz Imam Sya’roni

Ustadz Sya’roni juga membahas tentang keimanan, bahwa menurut beliau keimanan itu adalah Tasdhiq atau membenarkan. Kemudian ditambahkan lagi bahwa iman itu adalah  tashdiq bi al-qalbi yaitu meyakini dan membenarkan apa yang di dalam hati dan mengucapkan dengan lisan serta direalisasikan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini diulas juga oleh Ustadz Sya’roni karena tema utamannya juga mengkaitan Nuzulul Qur’an dengan peningkatan keimanan.

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yang apabila disebut nama Allah gemetar hatinya, dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah (kuat) imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal” Imbuh Ustadz Sya’roni dalam ceramahnya ketika mengutip Qur’an surat An-Anfaal ayat 2.

Selain narasumber dalam peringatan Nuzulul Qur’an  yang dikaji langsung oleh Ustadz Sya’roni, dalam sambutan ketua PPLP PT PGRI Surabaya juga menyampaikan bahwa karakter Semangat PAGI, yang merupakan akronim dari Peduli, Amanah, Gigih, Inovatif merupakan sangat relevan untuk menghadapi tantangan masa depan Gen Z, dan sifat-sifat seperti ini, juga harus dimiliki dan dipedomi seluruh mahasiswa Adi Buana. Bapak Drs H Sutijono MM juga memberikan ucapan terima kasih kepada narasumber, berharap pada peringatan kali ini terdapat tambahan ilmu bagi seluruh sivitas akademika, atas kajian yang diberikan. (*)


Berita Terbaru
Kategori Berita
Kemitraan Internasional
Monash University Universiti Teknologi Mara Hutech University of Technology International Cultural Communication Center Malaysia Maejo University Thepsatri Rajabhat University USSH Saint Louis University Institut Pendidikan Guru
Copyright © 2023 by Universitas PGRI Adi Buana Surabaya