Berita Kampus

March 05, 2024

Surabaya - Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun buku 2023, menjadi ajang saran yang luar biasa. Pimpinan sidang harus menambah waktu rapat, agar semua masukan dalam pandangan umum anggota koperasi dapat tertampung. Hampir rata-rata memberikan masukan agar ada layanan digitalisasi, agar Koperasi Dwija Karya Unipa Surabaya semakin profesional. Hal terpenting lainnya, bahwa Sisa Hasil Usaha (SHU) yang dibagikan kepada anggota melebihi target. Pada tahun buku kali ini dapat mencapai 15,90 persen. Kisaran keuangan hampir di atas 372 juta rupiah. Target awalnya memang disepakati 15 persen. RAT yang diselenggarakan di Gelora Hastabrata pada pagi ini (5/3) dihadiri kurang lebih 62 persen, dari seluruh anggota yang berjumlah 372 orang.

Video Dokumentasi Pendukung Berita Kampus

Rasio keuangan koperasi, juga mengalami peningkatan. Pada aspek Likuiditas, yang mengukur kemampuan jangka pendek dalam memenuhi kewajibannya, koperasi mengalami kenaikan 12 persen, dari tahun sebelumnya. Rasio Rentabilitas, juga mengalami kenaikan. Rentabilitas erat hubungannya dengan kemampuan menghasilkan laba bersih, saat ini meningkat 0,83 persen.

“Nilai rasio rentabilitas koperasi Dwija Karya tahun buku 2023 mencatatkan angka 19,26 persen, hal ini menunjukan kondisi baik karena standarnya 15 hingga 21 persen sesuai peratutan Menteri Koperasi dan UKM” terang Dr Sunyoto Hadi Prayitno MPd selaku Badan Pengawas.

Badan pengawas juga melaporkan bahwa selama pelaksanaan pengawasan, mengambil 3 aspek pemeriksaan. Aspek organisasi, aspek tatalaksana koperasi dan aspek usaha serta keuangan. “Usulan terpentingnya dari aspek organisasi, bahwa ibu Aristha masa baktinya telah selesai, sehingga pada saat RAT tahun ini diharapkan terdapat pengurus baru dan saran dari pengawas agar koperasi senantiasa mempertahankan Sertifikat Grade A” imbuh Pak Sunyoto.

Saran dan masukan oleh penasehat dan Pembina, diberikan sebelum sidang Rapat Anggota Tahunan. Pimpinan sidang, Dr Fachrudy Asj’ary MM membagi enam acara. Mulai dari pengumuman jumlah anggota yang hadir, pembacaan dan pengesahan tata tertib, laporan pertanggungjawaban pengurus, laporan pertanggungjawaban badan pengawas. Pandangan umum anggota merupakan acara yang kelima. Selanjutnya adalah pengesahan laporan pertanggungjawaban pengurus dan pengawas. Sesi pandangan umum itulah masukan digitalisasi layanan koperasi banyak disarankan.


Berita Terbaru
Kategori Berita
Kemitraan Internasional
Monash University Universiti Teknologi Mara Hutech University of Technology International Cultural Communication Center Malaysia Maejo University Thepsatri Rajabhat University USSH Saint Louis University Institut Pendidikan Guru
Copyright © 2023 by Universitas PGRI Adi Buana Surabaya