Berita Kampus

March 01, 2024

Surabaya – Upacara rapat terbuka, Yudisium Fakultas Teknik pada Semester Gasal 2023/2024 diwarnai dengan hal-hal yang menarik, selain paling banyak diisi oleh mahasiswa Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) dengan para mahasiswa yang sudah bekerja secara profesional, juga diwarnai prestasi secara akademik. Salah satu mahasiswa dari Program Studi Teknik Industri, yang saat ini bekerja di perusahaan asing. Kebetulan beliaunya adalah Manager Area Indonesia. Perusahaan Flexsteel Industries Inc dari Amerika ini menjadi tempat berkarir Antonius Cahyono ST yang pada Yudisium Jum’at pagi ini (1/3) beliau dikukuhkan bergelar Sarjana Teknik dengan predikat pujian.

Tanpa Skripsi, beliau lulus. Mungkin terdengar aneh, namun tidak bagi pak Antonius, setelah wawancara secara detail, ternyata selama menjadi mahasiswa Teknik Industri Universitas PGRI Adi Buana Surabaya (UNIPA Surabaya), beliau telah merampungkan 2 jurnal internasional serta 5 jurnal nasional yang terakreditasi. Total memiliki 7 publikasi. “Kebetulan saya melakukan riset, berat memang bisa masuk di jurnal internasional, jurnal kami kecimpung dengan industri, seperti konsentrasi pada FMEA, domain item, validasi data, uji data merupakan tanggung jawab sebagai mahasiswa, namun inilah kegigihan kami hingga sampai pada publikasi” tutur pak Antonius.

Dokumentasi Video Pendukung Berita Kampus

Dekan pada yudisium kali ini, mengukuhkan sebanyak 33 mahasiswa, untuk berhak menyandang gelar Sarjana Teknik (ST), Sarjana Perencanaan Wilayah Kota (S.PWK) dan Sarjana Pendidikan (S.Pd).  hampir seluruh prosesi upacara yudisium berjalan khidmat tanpa kendala. Orasi ilmiah dibawakan oleh dosen dari Program Studi Teknik Elektro.

Orasi ilmiah dengan judul: Inovasi Pengamanan Rumah Yang Lebih Aman di Era Otomatisasi   menempati urutan pertama dalam proses ini. Adi Winarno SKom MKom  dalam pidato orasi ilmiahnya, berawal dari keprihatinan terhadap tindak kriminal, maka riset untuk mengembangkan pintu yang sangat aman menjadi idenya. “Banyaknya  kejahatan yang berupa pencurian, pengamanan menggunakan peralatan merupakan langkah preventif pencegahan pencurian di lingkungan, pengembangan teknologi akan selalu dikembangkan dan tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan manusia” ungkap Pak Adi Winanrno.

Dr Yunia Dwie Nurcahyanie ST MT, selaku dekan Fakultas Teknik dalam pidatonya lebih banyak mengungkapkan tentang Artificial Intelligence (AI).  “Di era yang serba digital, kita dimudahkan dengan AI, dimudahkan dengan mesin, namun perlu saudara sadari bahwa apapun mesin itu tergantung pada operatornya, atau manusianya. Maka ditangan saudara mahasiswa inilah yang nanti akan menetapkan teknologi itu mau dibuat seperti apa, maka saya berpesan sematkan Semangat PAGI pada jiwa kita masing-masing, tentunya pesan Peduli-Amanah-Gigih-Inovatif, itu jika diterapkan secara benar maka kita akan mencapai tujuan, menjadi orang sukses dunia dan akhirat” pesan Ibu Yunia. (*)


Berita Terbaru
Kategori Berita
Kemitraan Internasional
Monash University Universiti Teknologi Mara Hutech University of Technology International Cultural Communication Center Malaysia Maejo University Thepsatri Rajabhat University USSH Saint Louis University Institut Pendidikan Guru
Copyright © 2023 by Universitas PGRI Adi Buana Surabaya