Berita Kampus

March 02, 2024

Surabaya - Seminar Nasional Cerdas Dalam Bermedia Sosial untuk Mewujudkan Generasi Digital yang Bijak dan Bertanggung Jawab digelar di Gelora Hasta Brata Kampus II Universitas PGRI Adi Buana Surabaya pada Sabtu (2/3). Kegiatan tersebut mengedukasi masyarakat agar cerdas dalam bermedia sosial. Selain itu seminar diharapkan mampu memberikan pemahaman tentang bagaimana memanfaatkan kecanggihan teknologi agar sesuai dengan rambu-rambu yang ada sehingga terhindar dari konflik dan dampak negatif lainnya.

Kegiatan seminar yang diselenggarakan oleh Senat Mahasiswa Fakultas Keguruan ini, mendatangkan narasumber pertama dari Kejaksaan Tinggi Jambi yang diwakili oleh Asisten Pengawas, ibu Helena Octavianne SH MH. Kemudian narasumber kedua dari Kejaksaan Tinggi Jawa Timur, yang hadir adalah Kasubag Protokol, Bapak Hadi Sucipto SH MH. Tidak kalah menariknya narasumber ketiga merupakan Jaksapedia. Merupakan penggiat sosial media, yang menjadi sebuah komunitas turut serta melibatkan diri dalam upaya penegakan hukum, dari Jaksapedia diwakili oleh Bapak Evan Suryadi SIP.

Wawancara kami sebelum memasuki acara seminar, Helena Octavianne mengatakan bahwa Mengapa kita harus bijak dalam menggunakan media sosial?

Salah satu alasan mengapa kita harus bijak dalam menggunakan media sosial adalah rentan terjadi kejahatan siber. Cyber crime atau kejahatan siber adalah suatu tindak kejahatan yang memanfaatkan internet atau perangkat jaringan. Kejahatan siber kini semakin marak dan muncul banyak korban.

"Kita harus bijak dalam menggunakan media sosial untuk menghindari konflik dan dampak negatif lainnya, juga harus selektif dalam menyebarkan informasi serta menjunjung tinggi etika dalam berkomunikasi," terang Helena Octavianne.

Video Dokumentasi Pendukung Berita Kampus

Helena menyampaikan saat ini sangat rentan terjadi kejahatan siber, kejahatan siber adalah suatu tindak kejahatan yang memanfaatkan internet atau perangkat jaringan. Kejahatan siber kini semakin marak dan muncul banyak korban.

"Manfaatkan sisi positif media sosial dengan menghindari konten negatif dan tidak sehat, dan peran aktif generasi muda di era digitalisasi dapat diimplementasikan dengan cara meningkatkan literasi digital masyarakat. Hal itu sangat penting untuk mengakselerasi proses transformasi yang mampu mendorong pertumbuhan di sejumlah sektor di negeri ini," paparnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, Generasi digital merujuk kepada masyarakat yang tumbuh dan hidup dalam era digital, Label “generasi digital” melekat pada golongan masyarakat yang terpapar dengan arus perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.(*)


Berita Terbaru
Kategori Berita
Kemitraan Internasional
Monash University Universiti Teknologi Mara Hutech University of Technology International Cultural Communication Center Malaysia Maejo University Thepsatri Rajabhat University USSH Saint Louis University Institut Pendidikan Guru
Copyright © 2023 by Universitas PGRI Adi Buana Surabaya