Berita Kampus

February 18, 2024

Surabaya – Gelar Event BIOTIC 10th-2024 yang merupakan kepanjangan dari “Biology Creative Competition”. Ada dua cabang lomba yang diadakan, salah satunya adalah Lomba KTI (Karya Tulis Ilmiah) dan olimpiade Biologi. Even BIOTIC ke-10 ini diadakan oleh Fakultas Sains dan Teknologi (FST) dari Universitas PGRI Adi Buana Surabaya yang lebih dikenal dengan UNIPA Surabaya. Untuk bisa mengikuti babak final yang digelar hari ini (18/2), maka seluruh SMA/MA Sederajat di Jawa Timur harus melewati dua kali seleksi. Yaitu babak penyisihan dan semifinal. Babak penyisihan dilakukan secara online.

Babak final yang hari ini hadir sekitar 100 orang, artinya ada sekitaran 50 sekolah setara SMA/SMK/MA yang mengunjungi kampus Adi Buana. Olimpiade Biologi ditempatkan di ruang ajang gelar Seni Rupa. Selanjunya Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) ditempatkan di Gedung Sardjijo lantai 3, yang satu Gedung dengan perkantoran Fakultas Sains dan Teknologi.

(Dokumentasi Video Kegiatan Biotic 10Th-2024 )

Seleksi yang sangat ketat, mengingat Biotic kali ini juga sudah yang ke sepuluh kalinya. Tentu menurut Syifa Hafidz yang saat ini sudah semester 5 dari Program Studi Biologi, keikut sertaan olimpiade biologi dan LKTI makin selektif dan makin jauh juga pesertanya. Hasil kejuaraan pada Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI), untuk harapan 2 diraih oleh tim Amoeba dari SMAN 1 Sidoarjo. Harapan 1 diraih oleh tim Dastra dari SMAN 4 Surabaya. Juara 3 diraih oleh tim Enutra SMAN 4 Surabaya. Kemudian Juara 2 diraih oleh tim I-ADO Madrasah Aliyah Progresif Bumi Sholawat Sidoarjo. Kemudian menariknya Juara 1, diraih oleh peserta yang sangat jauh, yaitu tim Maverick dari SMK Muhammadiyah 6 Modo Lamongan.

Olimpiade biologi juga tidak kalah menariknya, bersaing sangat ketat pada proses cerdas-cermat sehingga Juara 1 diraih oleh tim Sukses Berkah dari MAN 2 Malang. Kemudian Juara 2 diraih oleh tim Caper One dari SMA Kristen 1 Petra Surabaya. Tidak mau kalah, Madrasah Aliyah Unggulan Amanatul Ummah Surabaya, menyabet dua kejuaran. Juara 3 diraih oleh tim Mulerian MBI Madrasah Aliyah Unggulan Amanatul Ummah Surabaya. Juaran Harapan 1 diraih oleh tim Biosfer MBI Madrasah Aliyah Unggulan Amanatul Ummah Surabaya. Kemudian Juara Harapan 2 diraih oleh tim Bebas dari SMAN 1 Blitar.(*)


Berita Terbaru
Kategori Berita
Kemitraan Internasional
Monash University Universiti Teknologi Mara Hutech University of Technology International Cultural Communication Center Malaysia Maejo University Thepsatri Rajabhat University USSH Saint Louis University Institut Pendidikan Guru
Copyright © 2023 by Universitas PGRI Adi Buana Surabaya