Berita Kampus

February 24, 2024

Surabaya – Program yang dibuat bersama antara Universitas PGRI Adi Buana Surabaya dengan Universiti Teknologi Mara (UiTM) Kedah Malaysia dengan tema utama Culture Diversity Exchange Malaysia with Indonesia, yang akan berlangsung selama tanggal 20-24 Februari 2024, benar-benar menggali potensi budaya kedua negara melalui perwakilan dari mahasiswa-mahasiswa kedua kampus besar ini. Program antar bangsa yang melibatkan kampus-kampus ternama dari masing-masing negara ini bertujuan untuk pertukaran bidang akademik dan kebudayaan.

UiTM Kedah Malaysia dalam lawatannya mendapatkan layanan langsung oleh biro International Relation Office (IRO) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Selama kurun waktu lima hari, dimanfaatkan untuk pertukaran budaya serta menunjukkan beberapa tempat di kawasan Jawa Timur, baik yang melibatkan rekanan/mitra kampus Semangat PAGI seperti halnya PT. Nutrifood maupun Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur.

(Dokumentasi Kegiatan UiTM dan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)

Sambutan ketua PPLP PT PGRI Surabaya saat acara Welcoming Ceremony & Token Appreciation menyebutkan sangat bangga dan memberikan apresiasi atas Kerjasama kedua bangsa, yang sangat konsisten. Bapak Drs H Sutijono MM, menyebutkan bahwa bukti kerjasama antara Indonesia terutama kampus Adi Buana dengan Malaysia, diberikannya batik khas Malaysia kepada kampus ini yang dipajang di tembok lantai 1 gedung Pascasarjana. “Jika bapak dan ibu naik lift sebelah kanan tembok itu ada pigora besar dan dipajang batik bertuliskan Kampus Semangat PAGI, itulah batik khas Malaysia” terang Bapak Sutijono.

Rektor Dr Hartono MSi, juga menyampaikan selamat datang, dikampus tercinta ini. Bahwa program ini diniatkan untuk saling belajar. Dengan kedatangan mahasiswa dari UiTM Kedah Malaysia tentunya akan saling berkolaborasi untuk saling memperkuat. Rektor juga memperkenalkan akronim dari Kampus Semangat PAGI. Bahkan rektor juga berharap kepada UiTM jika ada kekurangan selama proses kegiatan tersebut untuk senantiasa memberi kritikan, guna perbaikan kegiatan-kegiatan berikutnya.

“Kesan yang saya dapat kesini, pertama kalinya terucap dengan ucapan Semangat PAGI. PAGI itu ialah Peduli, Amanah, Gigih, Inovatif saya rasa sangat bagus tuk memberi semangat. Dan kami sebagai warga dari UiTM Kedah terucap dan terus bersemangat dengan kata itu” ungkap Dr Nor Azrina Mohd Yusof yang merupakan Timbalan Rektor UiTM Kedah Malaysia.

Hari pertama kedatangan, tim dari UiTM sudah langsung melanjutkan aktivitasnya dengan mengunjungi Panti Asuhan Bani Yaqub Surabaya. Program Corporate Social Responsibility (CSR) dengan mengajak sekitaran 20 orang anak-anak untuk mengenal Bahasa China yang dipandu oleh Cik Lee Chai Chueen, kemudian dilanjutkan dengan belajar keterampilan origami yang dilatih langsung oleh Dr Azrina. Mengunjugi Mirota Craft Centre Surabaya menjadi kegiatan penutup di hari pertama.

Khusus hari kedua, aktifitas fokus ada di kampus Adi Buana. Bertempat di ruang teather Pascasarjana acara Welcoming Ceremony & Token Appreciation dilangsungkan selama 2 jam pelakasanaan.  Kemudian dilanjutkan dengan kuliah tamu tentang Accounting and Financial Management for SMEs yang diberikan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Mahasiswa UiTM kemudian dibawa ke Pusat Bahasa yang berjarak 600 meter dari lokasi semula. Disini dilangsungkan acara Culture Exchange. Acaranya berupa pengenalan makanan khas masing-masing negara, pengenalan pakaian adat dan mainan tradisional yang sering dimainkan anak-anak. Batik Workshop, dilaksanakan diruang ajang gelar. Pelatihan yang khusus tentang desain batik, proses canting, proses pewarnaan dan proses pelorotan warna diajarkan oleh dosen Program studi Seni Rupa.

Pelaksanaan dihari ketiga lebih pada perluasan pengenalan budaya. Mengunjungi Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur, diperkenalkan dan disuguhi tarian khas Jawa Timur. Masih diruangan yang sama dilanjutkan acara penyajian makanan. Sajian Chef’s Canva “Dalgona Milo Malaysia” oleh Encik Mohd Hairul Nazreen Jamil dan “Aiskrim Malaysia” oleh Puan Nor Wydura Bakri & Puan Mahafizah Ahamad Shapawi. Sebelum kembali ke hotel, rombongan diajak untuk lawatan ke beberapa tempat di Surabaya. Masjid Sunan Ampel, kemudian menyeberangi Jembatan Suramadu dan wisata kuliner di bebek Sinjay.

Mitra kampus Adi Buana, tidak luput dari kunjungan di hari keempat. PT Nutrifood mendapatkan jadwal kunjungan dan pengisi materi. Sebelum menuju ke bagian pemasaran perusahaan tersebut, rombongan diajak mampir menuju BP-House Indonesia (Baden Powell House) yang berada di kampus 1, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya di Jalan Ngagel Dadi. BP-House merupakan Scout Centre, kumpulan pernak-pernik kepramukaan lengkap ada disini. Lawatan berikutnya, bagian dari Sight Seeing aktivitas ini mengunjungi Monumen Tugu Pahlawan, sebelumnya juga diajak untuk berkeliling di Jalan Tunjungan, keteduhan dan kenyamanan kota Surabaya, memberi kesan bagi seluruh mahasiswa UiTM Kedah Malaysia, kenyamanan kota ini juga sangat sinkron dengan kondisi kampus Adi Buana, yang dilengkapi dengan lahan hijau yang luas, tumbuhan yang sangat langka dan koleksi berbagai macam hewan, bahkan tulisan nama-nama pejabat di bawah pohon-pohon tersebut menjadi hal unik yang sering ditanyakan oleh mahasiswa-mahasiswa ini. (*)


Berita Terbaru
Kategori Berita
Kemitraan Internasional
Monash University Universiti Teknologi Mara Hutech University of Technology International Cultural Communication Center Malaysia Maejo University Thepsatri Rajabhat University USSH Saint Louis University Institut Pendidikan Guru
Copyright © 2023 by Universitas PGRI Adi Buana Surabaya