Berita Kampus

September 08, 2023

Surabaya – Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun 2023 yang dilaksanakan dari tanggal 6-8 September 2023, mendapatkan sambutan hangat dari kakak alumninya. Ketua DPRD Kabupaten Sidoarjo, merupakan alumni dari Universitas PGRI Adi Buana Surabaya (UNIPA Surabaya) yang pernah mengenyam pendidikan di Program Studi Biologi. Penguatan kepada mahasiswa baru menjadi puncak sebuah harapan, bahwa alumni Adi Buana banyak yang layak menjadi pemimpin. Sesuai dengan tema PKKMB tahun ini, yaitu Meraih Cita Bersama Adi Buana.

H Usman SSi MSi yang memperkenalkan diri sebagai ketua DPRD dan Alumni, memberikan materi pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru, serta pemahaman berbangsa, bernegara dan spirit bela negara. Beliau juga memberikan uraian bahwa mahasiswa wajib punya sikap rasa memiliki, dalam hal ini adalah komitmen menjaga  martabat dan eksistensi almamater tanpa batas ruang dan waktu. Mengenal histori dan hormati budaya kampus. Bahkan beliau menekankan bahwa kampus adalah identik wilayah miniatur berdaulat. Sehingga setiap mahasiswa wajib taat segala kebijakan dan ketentuan legalitas.

“Saudara mahasiswa merupakan pemuda yang harus dapat mengambil peran sebagai agen perubahan. Demi menguatkan terwujudnya SDM tangguh, berintegritas, berbekal keimanan dan ketaqwaan. Tumbuhkan sikap toleransi, berbasis moralitas, tanpa deskiriminasi. Maka akan terjadi penguatan sikap dan perilaku dalam koridor kebangsaan, untuk melanjutkan aktivitas pembangunan bangsa dan negara. Mahasiswa Adi Buana harus siap dan sanggup” terang H Usman.

Selain Ketua DPRD, pelaksanaan PKKMB juga diisi materi dari Ketua PPLP PT PGRI Surabaya selaku badan penyelenggara dan pihak rektorat. Jajaran rektor dan para warek menyampaikan materi Lebih Kenal Lebih Dekat dengan Pimpinan Universitas.  Hadir juga kepala LLDIKTI Wilayah VII Jawa Timur, Prof Dr Dyah Sawitri SE MM bersama Ketua PGRI Provinsi Jawa Timur yaitu Drs H Teguh Sumarsono MM kedua pemateri ini diberikan bagian talkshow pada segmen kedua.

Mahasiswa juga mendapatkan pengarahan dari BPJS Kesehatan Surabaya serta dari pihak Bank BNI, kedua perusahaan ini merupakan partner dari Universitas. Materi Kesadaran Lingkungan Hidup, Manajemen Risiko, dan Kampus Sehat diberikan oleh Drs H Djoko Adi Walujo ST MM DBA. Selanjutnya materi Spiritualitas sebagai Penopang Kebangsaan diperoleh dari Prof Dr KH Saiful Jazil MPdI selaku Kepala Ma’had atau Pondok Pesantren Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya.

Hari kedua tidak kalah menariknya, materi dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Surabaya memberikan penguatan dengan tema Peningkatan Ketahanan Diri dan Keluarga dalam Menghadapi Bahaya Narkotika Menuju Indonesia Bersinar. Selanjutnya materi dari Divisi Keselamatan dan Kesehatan Kerja SMCC (Satuan Mitigasi Crisis Center) UNESA, dengan tema Implementasi Kebijakan 4A Tahun 2021 (Anti Korupsi, Anti Bullying, Anti Intoleransi, Anti Kekerasan Seksual).

Mahasiswa juga disuguhkan hiburan-hiburan yang menarik, dari UKM fair, tarian, olahraga, musik, drama dan puisi. Dalam wawancara terpisah, penanggung jawab kegiatan ini Dr H Sunyoto Hadi Prayitno MPd menerangkan rangkaian kegiatan PKKMB merupakan pembekalan softkill bagi mahasiswa. “Kami juga memperkenalkan 24 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), hal ini adalah bekal tambahan bagi mahasiswa. Penting juga membekali kode etik kemahasiswaan, hal ini dipergunakan untuk komunikasi mahasiswa dengan dosen, serta mekanisme dalam kehidupan lingkungan kampus” terang kak Nyoto sapaan akrab beliau. (*)


Berita Terbaru
Kategori Berita
Kemitraan Internasional
Monash University Universiti Teknologi Mara Hutech University of Technology International Cultural Communication Center Malaysia Maejo University Thepsatri Rajabhat University USSH Saint Louis University Institut Pendidikan Guru
Copyright © 2023 by Universitas PGRI Adi Buana Surabaya