Berita Kampus

June 09, 2023

Surabaya – Universitas Hang Tuah (UHT) Surabaya yang dikenal dengan paradigmanya yang  fokus pada sektor kelautan sebagai tiang utama pembangunan ekonomi nasional, hari ini Jum’at (9/6) melakukan penandatanganan kerja sama dengan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya (UNIPA Surabaya). Piagam kesepahaman tersebut tertuang dalam nomor surat B/1537/UHT.AQ/VI/2023 dan nomor surat 039/Ad.2/KPHI/VI/2023 kedua universitas sepakat untuk kerja sama dalam bidang Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Rektor Universitas Hang Tuah Surabaya, Prof Dr Ir Supartono MM CIQaR  yang didampingi Wakil Rektor I dan Wakil Rektor III, Dekan Fakultas Kedokteran beserta Bagian Kerja Sama disambut oleh rektor Adi Buana diruang rapat PPLP PT PGRI Surabaya. Sambutan Prof Supartono memperjelas bahwa kedepan persaingan global tidak cukup ditangani oleh perguruan tinggi sendiri-sendiri. “Guna merespon kebutuhan stakeholder, mahasiswa, orang tua, masyarakat profesi, maka kebijakan kampus untuk menciptakan lulusan yang berkarakter inovasi, mandiri, unggul dan rendah hati sehingga perguruan tinggi dituntut untuk membangun komunitas global dengan memperbanyak jejaring kerjasama seperti ini” terang Prof Supartono.

“Kerja sama antar perguruan tinggi merupakan upaya memecahkan isolasi institusional yang dihadapi perguruan tinggi, baik pada level lokal, regional, nasional, maupun internasional, utamanya dalam upaya peningkatan mutu akademik masing-masing perguruan tinggi. Lingkup kerja sama tersebut mencakup banyak bidang yang tentunya dalam mendukung peningkatan serta pencapaian Tridharma Perguruan Tinggi” tambahnya.

Dr Hartono MSi selaku rektor Adi Buana menerangkan pula bahwa pada prinsipnya kita memiliki kebutuhan yang sama yaitu meningkatkan kualitas proses pembelajaran pada perguruan tinggi. “Fokus kita bersama saat ini adalah agar para lulusan mendapatkan pekerjaan yang layak, untuk itu paradigma menciptakan lulusan yang dibutuhkan dunia kerja, harus menjadi poin yang harus kita pikirkan bersama” jelas Bapak Hartono.

Kerja sama ini ditandai dengan agenda khas dari Universitas PGRI Adi Buana Surabaya jika mendapatkan tamu yang istimewa. Menanam pohon tamu, sebagai bukti kehadiran Universitas Hang Tuah Surabaya di kampus Semangat PAGI. Pohon yang ditanam dalam polybag ini akan dikirim dan ditanam di kampus III Kalikatir Mojokerto yaitu Adi Buana Edupark. Kerja sama ini selanjutnya akan diteruskan dengan Memorandum of Agreement (MoA) masing-masing fakultas, sehingga kedepan upaya meningkatkan pendidikan, penelitian dan pengabdian dapat dikolaborasikan bersama. (*)


Berita Terbaru
Kategori Berita
Kemitraan Internasional
Monash University Universiti Teknologi Mara Hutech University of Technology International Cultural Communication Center Malaysia Maejo University Thepsatri Rajabhat University USSH Saint Louis University Institut Pendidikan Guru
Copyright © 2023 by Universitas PGRI Adi Buana Surabaya