Berita Kampus

September 05, 2022

Surabaya – Sebanyak 1400 mahasiswa membentuk formasi UNIPASBY di lapangan Semangat PAGI kampus 2 Dukuh Menanggal. Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya tahun 2022 diselenggarakan sejak tanggal 1-3 September 2022.  PKKMB dimaksudkan agar mahasiswa harus siap menjadi pembelajar sejati yang terampil, lincah dan ulet (powerfull agile learner). Kebijakan ini ditujukan untuk menyiapkan mahasiswa menjadi sarjana yang tangguh, relevan dengan kebutuhan zaman, dan siap menjadi kader bangsa dengan semangat kebangsaan yang tinggi. Untuk itu pendidikan tinggi selayaknya menyiapkan para kader bangsa ini selain memiliki kemampuan akademik yang tangguh (hardskills) juga terkembangkan aspek keterampilan kemanusiannya atau perilaku personal dan antar personalnya (softskills), di antaranya adalah keterampilan kepemimpinannya (leadership skill).

Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) merupakan program yang wajib diikuti oleh seluruh Mahasiswa Baru dan merupakan kegiatan untuk memperkenalkan dan mempersiapkan para mahasiswa baru berproses menjadi mahasiswa yang yang dewasa dan mandiri, mempercepat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan yang baru dan memberikan bekal untuk keberhasilannya menempuh pendidikan di perguruan tinggi kelak.

Tujuan khusus dari PKKMB merupakan penanaman kesadaran berbangsa, bernegara, bela negara, serta kepedulian terhadap lingkungan dan masyarakat sesuai dengan 4 (empat) pilar kebangsaan (Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika). Selanjutnya memperkenalkan sistem pembelajaran dan kehidupan sivitas akademika dengan menanamkan nilai-nilai dasar pendidikan dan tri dharma perguruan tinggi.

 “Kita sadari bersama, masa sulit yang berkepanjangan akibat pandemic ini, atas dasar kepedulian terhadap pentingnya pendidikan bagi anak bangsa, Adi Buana memberian banyak kemudahan bagi masyarakat yang berkeinginan daftar ke kampus ini. Mulai beasiswa KIP-K, beasiswa prestasi, beasiswa agustusan kemarin, hingga kebijakan kemudahan biaya registrasi pada gelombang ketiga” ungkap  Dr M Subandowo MS selaku Rektor.

Tiga hari pelaksanaan PKKMB di Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, meliputi kegiatan wajib yang berdasarkan pedoman dari Kemdikbudristek pada hari pertama. Selanjutnya hari kedua diisi dengan materi yang berkaitan dengan Implementasi Kebijakan 4A (Anti Korupsi, Anti Bullying, Anti Intoleransi, Anti Kekerasan Seksual). Kemudian hari ketiga diisi dengan kegiatan orientasi tingkat Fakultas dan Program Studi serta kegiatan Inagurasi. Tema PKKMB 2022, kali ini adalah Bergerak Melejitkan Adi Buana Jaya. Harapannya kejayaan universitas ini segera terwujud untuk dapat mencapai mutu dan sejahtera. (*)

 



Connect with us:


Copyright © 2022 by Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Seluruh Isi Web Dilindungi Hak Cipta.

  • SPP
  • PPMB
  • Akademik
  • Kemahasiswaan