Berita Kampus

August 13, 2022

Surabaya - Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka adalah program pertukaran mahasiswa selama satu semester dari satu klaster daerah ke klaster daerah lainnya yang memberikan pengalaman kebinekaan dan sistem alih kredit. Pertukaran Mahasiswa Merdeka berbasis pada Mata Kuliah yang ditawarkan oleh perguruan tinggi sesuai keunggulan dan ciri pola ilmiah pokoknya (academic excellent), dan mendukung program MBKM. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, pada Rabu (10/8) memberangkatkan 7 orang mahasiswa untuk mengemban tugas PPM Batch 2 tahun 2022 tersebut.

Ainun khusnita, mahasiswa Bimbingan & Konseling menuju Universitas Negeri Padang. Nur Aini Rachmawati dan Balqis Maharani Zahra, mahasiswa Pendidikan Guru PAUD menuju Universitas Negeri Medan. Moh Subhan Fajarulloh, mahasiswa Statistika menuju Universitas Syiah Kuala. Khusnul Khotimah, mahasiswa Statistika menuju Universitas Hasanudin. Eriska Hidayaturrahma, mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia menuju Universitas Islam Makassar. Irnandhita Visi Arinda, mahasiswa Manajemen menuju Universitas Negeri Medan.

“Sesuai dengan tema utama dalam laman Kemenristekdikti, bahwa kita mengikuti program PMM ini memiliki keinginan untuk mengeksplor & mempelajari budaya Indonesia, berteman dengan mahasiswa dari berbagai daerah serta kesempatan belajar di kampus lain di Indonesia” terang Khusnul Khotimah mahasiswi Statistik angkatan 2019, yang asli kelahiran Lampung ini.

Moch. Sofwan SPd MSc selaku Person in Charge (PIC) dari Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, memberikan keterangan bahwa mahasiswa ini diberangkatkan dengan memperoleh bantuan tiket dari lokasi perguruan tinggi pengirim ke perguruan tinggi penerima pp (at cost). “Biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT), bantuan hidup selama 4 bulan, bantuan akomodasi dan bantuan pulsa juga diterima mahasiswa, bersyukur bagi adik-adik mahasiswa mendapat kesempatan yang luar biasa di tahun ini” terang Sofwan.

Rektor Dr M Subandowo MS memberikan motivasi bagi adik-adik mahasiswa peserta PMM 2 tahun 2022 dengan mencontohkan dirinya saat dulu menjadi mahasiswa. “Saya melihat saudara sekalian, seperti mengenang saat kami jadi mahasiswa, gigih, ulet, selalu mencari informasi dari pusat tentang program-program unggulan. Saya yakin atas perjuangan saudara, yang lolos PMM ini akan menjadi duta kampus yang akan selalu membawa nama baik almamater” terang rektor.

“Carilah relasi sebanyak-banyaknya, galilah ilmu sebanyak-banyaknya juga, ceritakan juga kebaikan dan keistimewaan kampus kita kepada mereka (Kampus Tujuan) di mana kalian ditempatkan. Program yang baik seperti ini, akan menjadi pengalaman seumur hidup, dan pastinya akan menjadi budaya dalam diri kalian, menjadi sosok yang gigih” tambah rektor.

Pelepasan pertukaran mahasiswa merdeka batch 2 ini, diakhiri dengan penyerahan surat keputusan rektor kepada seluruh mahasiswa. Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka ini menampilkan invovasi baru salah satunya dengan modul nusantara yang berisi empat rangkaian kegiatan yaitu kebinekaan, inspirasi, refleksi dan kontribusi sosial. Harapannya ketika mahasiswa Universitas PGRI Adi Buana Surabaya tersebar di seluruh Indonesia, maka duta-duta kampus Semangat PAGI juga akan membuanakan kampus ini diseluruh pelosok negeri. (*)

 



Connect with us:


Copyright © 2021 by Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Seluruh Isi Web Dilindungi Hak Cipta.

  • SPP
  • PPMB
  • Akademik
  • Kemahasiswaan