Berita Kampus

August 30, 2022

Surabaya – Pekan Seni Mahasiswa Daerah (PEKSIMIDA) Provinsi Jawa Timur untuk kategori Tangkai Lomba Seni Lukis, yang diselenggarakan Senin (29/8) di Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Sesuai permintaan Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI) Jawa Timur, Kampus Semangat PAGI didaulat untuk menyelenggarakan kegiatan tersebut. 14 Perguruan Tinggi mewakili swasta dan negeri harus berkompetisi di Ajang Gelar kampus 2 Dukuh Menanggal. Dewan juri dipilih dari Praktisi Seniman Nasional yaitu Joko Pramono dan Dhanoe Bangsa, selanjutnya Agus Sukamto merupakan kurator, penulis dan seniman serta dosen STKW.

Terdapat 15 jenis perlombaan PEKSIMIDA yang dilombakan, terdiri dari seni tari, pop tunggal putra/putri, keroncong tunggal putra/putri, seriosa tunggal putra/putri, dangdut putra/putri, baca puisi, monolog, seni lukis, desain poster, fotografi, penulisan cerpen, lakon, dan puisi, komik strip serta vokal grup. Peserta tangkai lomba seni lukis se-Jawa Timur ini semuanya 14 orang. Ewang Muhamad Fanani dari Universitas Trunojoyo, Hanifatus Saidah Aditya dari Universitas Islam Lamongan, Novia Norman Azzahra dari Universitas Surabaya. Selanjutnya Tiara Awliya Paramitha dari Universitas Internasional Semen Indonesia, Fivi Erviyanti dari Universitas Jember, Asyroful Anam dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya. Kemudian Elfina Kusuma Wardani dari Universitas Wiraraja Madura, Hikmahtiar David Syahputra dari Universitas Brawijaya, Afrizal Kurniawan dari Universitas Bojonegoro, Dzulfikar Ardianta dari Universitas Negeri Malang. Berikutnya Mochamad Fernandito  Nanda Pramudya dari Universitas Negeri Surabaya, Valiensya Agustin Wahyudi dari Politeknik Ubaya, Aprilisfiya Handayani dari Universitas Muhammadiyah Malang, dan Ibnu Raffi Dewayanto dari Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

Peraih medali emas yaitu Asyroful Anam dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, peraih medali perak yaitu Ibnu Raffi Dewayanto dari Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, serta peraih medali perunggu Fivi Erviyanti dari Universitas Jember. Menurut dewan juri Joko Pramono bahwa “Ketiga pemenang ini sudah mampu mempresentasikan narasi tentang tema yang dipilih yaitu Pertiwi Menangis, semuanya masih aktual dengan visual yang tepat untuk wacana publik, teknis dan penyampaian pesannya bagus semua, eksekusi simbol-simbol sebagai penyampaian pesan sangat tepat baik itu realisme, Ekspresionisme  maupun kontemporer” jelas Joko Pramono yang terkenal dengan sebutan Jopram ini.

Wakil Rektor III Drs Rusdiyantoro ST MT, menyampaikan terima kasih kepada dewan juri yang telah selektif dan diskusi yang panjang, sehingga memunculkan tiga pemenang tersebut. “Menurut hemat kami semuanya adalah bagus, dan semuanya menang, empat belas perguruan tinggi ini sudah menurunkan seniman-senima berbakat semuanya. Saya sangat merinding ketika narasi dipaparkan oleh dewan juri, ini sungguh luar biasa” terang Pak Rusdi.

Wakil Rektor III juga meminta maaf jika pelayanan penyelenggaraan kurang maksimal. “Sekali lagi saya mohon maaf, namun amanah BPSMI sudah kami laksanakan untuk menyeleksi mahasiswa menuju PEKSIMINAS dari tangkai lomba seni lukis, selamat kepada pemenang selamat berjuang menuju level selanjutnya” imbuh Pak Rusdi. (*)

 



Connect with us:


Copyright © 2022 by Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Seluruh Isi Web Dilindungi Hak Cipta.

  • SPP
  • PPMB
  • Akademik
  • Kemahasiswaan