Berita Kampus

July 31, 2022

Surabaya – Ketangguhan Tim Putra SMKN 2 Surabaya, harus benar-benar diakui oleh lawan mereka, yaitu SMA Puri Mojokerto. Menang dengan poin 59-49 SMKN 2 Surabaya menjuarai turnamen kali ini. Final hari ini, Minggu (31/7) juga menampilkan perebutan juara putri. SMAN 1 Waru harus mengakui keunggulan SMAN 19 Surabaya. Raih poin 79-51, tim putri SMAN 19 Surabaya menjuarai Rektor Cup 2022 Turnamen Bola Basket.

Sehari sebelumnya, dilaksanakan semi final yang akhirnya para pemenangnya dipertandingkan lagi hari ini. Match 1 mempertandingkan tim putra SMA Cambridge Surabaya lawan SMA 1 Puri Mojokerto dengan poin 35-88. Match 2 mempertandingkan tim putri SMAN 19 Surabaya lawan SMAN 3 surabaya dengan poin 55-18. Match 3 mempertandingkan tim putri SMAN 9 Surabaya lawan SMAN 1 Waru dengan poin 13-63. Match 4 mempertandingkan tim putra SMKN 2 Surabaya lawan SMAN 6 Surabaya dengan poin 43-20.

Turnamen bola basket ini merupakan luaran dari mata kuliah Didantik Metodik Permainan Basket, dengan bobot SKS sebanyak 2 SKS. Kedua dosen pengampu mata kuliah ini adalah Achmad Nuryadi SPd MPd dan Sandi Pieter SPd MPd yang keduanya bersinergi untuk mensukseskan turnamen untuk yang pertama kalinya. “Semoga kegiatan ini bisa berlanjut dan kontinyu setiap tahun, melihat antusias para peserta dan penonton, mudah-mudahan kami mengikuti jejak suksesnya DBL yang ada di Surabaya ini” ungkap Sandi.

Menariknya saat Kickoff final putra, ketua PPLP PT PGRI Surabaya, Bapak Drs H Sutijono MM diberikan kesempatan untuk melemparkan bola pertama kali. Hiruk pikuk para suporter dari kedua tim sangat luar biasa, dari laporan panitia SMKN 2 Surabaya, setiap pertandingan kurang lebih hampir 275 suporter. Bahkan SMKN 2 dinobatkan sebagai Suporter Terbaik versi panitia dan mendapatkan hadiah serta piagam penghargaan.

Kapten tim putri SMAN 19 Surabaya, Carissa Nabilah Kanani dalam wawancara kami menjelaskan bahwa tidak mudah untuk bisa lolos ke final, kerjasama tim harus benar-benar kompak. “Komunikasi tim sangat penting, chemistry harus kami dapatkan untuk menyeimbangkan antara offense dan defense, kalau tidak kuat di keduanya sangat sulit untuk menang” terang Carissa dengan antusias.

Begitupun wawancara kami dengan kapten tim putra, Ifan Fathur Rokhman yang merasa sangat berat dipertandingan akhir ini. Poin selalu berkejaran disetiap kuarter. Selisih poin kadang-kadang hanya dua angka. Bahkan sang kapten harus menetapkan strategi yang jitu guna memenangkan pertandingan ini. ”Strategi defense kami menerapkan zone defense 1-3-1 dan offense-nya kami memakai fast break dan bersyukur bisa menutup dengan kemenangan poin akhir 59” terang Ifan. Tanggapan Ifan tentang kampus Adi Buana sebagai penyelenggara turnamen ini, mereka sangat puas, berharap tahun depan ada kembali. “Fasilitas GOR, panitia, wasit semuanya saya katakan sangat memuaskan, menurut saya pribadi begitu” imbuh Ifan.

Rektor Dr M Subandowo MS dalam sambutan penutupnya berterima kasih pada tamu-tamu muda yang sangat istimewa. Siswa-siswa SMA dan SMK se-Gerbangkertasusila mampu melihat langsung Kampus Semangat PAGI yang asri, dan menurut rektor para siswa sangat tertib dan rapi dari dimulainya turnamen hingga final pada malam hari ini. “Para siswa bertanding semua dengan rasa lega, tidak ada hati yang mengganjal, ini adalah kemenangan bersama, Adi Buana akan selalu mewadahi bakat-bakat olahraga para siswa tidak hanya di cabor basket, akan banyak lagi kompetisi dan turnamen-turnamen di cabor lainnya” terang Bapak Subandowo. Rektor juga berterima kasih kepada mahasiswa Pendidikan Jasmani yang telah mengawal turnamen ini dengan baik, kerja keras panitia akan mengharumkan nama baik kampus Adi Buana. (*)



Connect with us:


Copyright © 2021 by Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Seluruh Isi Web Dilindungi Hak Cipta.

  • SPP
  • PPMB
  • Akademik
  • Kemahasiswaan