Berita Kampus

June 20, 2022

Surabaya - Universitas PGRI Adi Buana Surabaya bersama Relawan Jurnal Indonesia bersinergi untuk menyelenggarakan Pelatihan Pengelolaan Jurnal Ilmiah Bidang Keolahragaan dengan tema "Upgrading Level Sinta dan Indeksasi DOAJ" yang dilaksanakan di Gedung Pascasarjana Lt.2 Adi Buana Kampus Dukuh Menanggal pada hari Sabtu-Minggu (18-19 Juni 2022) kemarin.

Pelatihan ini sendiri diikuti total oleh 50 peserta pengelola jurnal yang dari berbagai Perguruan Tinggi baik swasta maupun negeri. Kegiatan ini juga bisa dikatakan berskala nasional karena peserta yang hadir sendiri berasal dari 5 Provinsi berbeda di Indonesia.

"Saya cukup bahagia pada kesempatan ini karena para pengelola jurnal bisa hadir, Semoga apa yang dilaksanakan hari ini bisa memberikan manfaat yang luar biasa bagi kualitas penulisan jurnal keolahragaan kedepannya" ujar Rektor Universitas PGRI Adi Buana Dr. M. Subandowo, M.S. yang juga hadir untuk memberikan sambutan sekaligus membuka acara ini.

Hari pertama berjalan dengan penyajian materi dari Prof. Dr. M. Winarno, M.Pd., dari Universitas Negeri Malang, dilanjutkan dengan Andista Candra Yusro, M.Pd dari Universitas PGRI Madiun, lalu Yulingga Nanda Hanief, M.Or., dari Universitas Negeri Malang, dan Utama Alan Deta, M.Pd., dari Universitas Negeri Surabaya.

Setelah keempat pemateri menyajikan materinya, acara dilanjutkan dengan sesi bedah jurnal yang dibagi ke beberapa kelas dan dipandu oleh para narasumber yang hadir.

Hari terakhir sendiri dilaksanakan dengan agenda penandatanganan MoU antar jurnal dan program studi serta sesi diskusi antara pengelola jurnal. Dimana para peserta yang datang sepakat untuk membentuk perkumpulan pengelola jurnal bidang keolahragaan yang berbadan hukum dan hal ini sendiri juga dibuktikan dengan berita acara yang ditandatangani para peserta.

Kedepannya para peserta juga berkomitmen untuk mengembangkan pengelolaan jurnal yang profesional dan lebih berkualitas demi kemajuan dunia jurnal dan penelitian di Indonesia.

Ketua panitia Yandika Fefrian Rosmi, S.Pd., M.Or. juga mengungkapkan kebahagiaannya atar berjalannya acara yang baru kedua kali dilakukan di indonesia ini "Terima kasih banyak kepada para narasumber yang telah hadir dan membagikan ilmunya kepada kita semua, serta tentunya juga terima kasih kepada para peserta dari seluruh wilayah Indonesia yang sudah berpartisipasi untuk bersama mensukseskan acara ini, saya cukup bahagia dan berharap agar acara ini bisa kita rasakan kebermanfaatannya bersama kedepan demi pengelolaan jurnal yang lebih baik lagi." ujar pria yang juga merupakan dosen Program Studi Pendidikan Jasmani Universitas PGRI Adi Buana Surabaya ini.

Kegiatan ini juga menjadi gambaran bagaimana Universitas PGRI Adi Buana Surabaya juga mencatatkan sejarah baru dimana telah menjadi saksi serta tempat diinisasinya kesepakatan antara para pengelola jurnal keolahragaan secara nasional.



Connect with us:


Copyright © 2021 by Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Seluruh Isi Web Dilindungi Hak Cipta.

  • Akademik
  • SPP
  • PMB