Berita Kampus

May 04, 2022

Surabaya – Rejeki tidak akan kemana, itulah istilah yang sering dipakai, ketika tiba-tiba mendapatkan kabar yang menggembirakan. Secara kelembagaan, berita ini juga sangat menggembirakan bagi Kampus Semangat PAGI, secara pribadi ini adalah rejeki bagi Ibu Aristha Purwanthari Sawitri beserta tim. Melalui surat elektronik Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, nomor  0248/E5/AK.04/2022 tertanggal 28 April 2022 tentang Penerima Pendanaan Pengabdian Kepada Masyarakat Di Perguruan Tinggi Tahun Anggaran 2022.

Proposal dengan judul Sustainability Bisnis Melalui Smart Teknologi Dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Pengusaha Samiler Yang Terdampak Covid 19 di Desa Kemasantani Kabupaten Mojokerto, telah lolos sebagai perwakilan dari kampus di Wilayah LLDIKTI 7 Jawa Timur. Ibu Aristha merupakan salah satu pemenang yang didanai dari 778 orang se-Indonesia. Proposal ini disusun oleh 3 orang dosen. Aristha Purwanthari Sawitri sebagai Ketua Pengusul. Apri Irianto sebagai anggota yang konsentrasi di bidang legalitas Usaha. Selanjutnya M. Nushron Ali Mukhtar sebagai anggota konsentrasi pada teknologi pengolahan samiler.

“Target dari kegiatan ini adalah mitra mampu memanfaatkan SMART teknologi yang nantinya dapat membantu kegiatan operasional usaha kerupuk NAIRA dan usahanya dapat berlanjut” terang Aristha. Pemanfaatan teknologi saat ini sangat diperlukan bagi keberlanjutan usaha kecil dan menengah pengusaha samiler di desa Kemansantani Kabupaten Mojokerto, apalagi dengan adanya pergeseran gaya hidup masyarakat semenjak pandemi COVID 19 yang banyak melakukan online shopping, “maka pengusaha samiler khususnya pengusaha samiler “NAIRA” harus segera melakukan perubahan pemasaran produk konvensional ke digital marketing agar sustainability bisnisnya dapat terus berjalan dan bersaing” imbuh Aristha.

Secara terpisah wawancara kami dengan Pak Nushron yang merancang alat Teknologi Tepat Guna, menerangkan bahwa “Mitra akan kami buatkan alat pengering tipe Rak (Tray Dryer) mempunyai bentuk persegi dan di dalamnya berisi rak-rak yang digunakan sebagai tempat bahan yang akan dikeringkan.  Berbahan logam stainlessteel AISI304 yang cocok untuk food grade, dengan dimensi Panjang 60 centimeter, lebar 50 centimeter dan tinggi hingga 125 centimeter.”

Kolaborasi ketiga dosen tersebut yang menjadi daya tarik dari proposal ini, sehingga didanai oleh kementerian. Konsep teknologi tepat guna yang menyasar Mitra UKM yang mengalami kesulitan pada masa Pandemi-19, merupakan konsentrasi utama yang harus dibantu. Proposal pengabdian masyarakat ini direncanakan akan dilaksanakan dari tahun 2022 hingga tahun 2023. Selamat kepada Ibu Aristha bersama Tim. (*)



Connect with us:


Copyright © 2021 by Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Seluruh Isi Web Dilindungi Hak Cipta.

  • Akademik
  • SPP
  • PMB