Berita Kampus

July 26, 2021

SURABAYA – Program International Credit Transfer (ICT) untuk tahun 2021 ini, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya mendapatkan kesempatan memberangkatkan 7 (tujuh) mahasiswanya ke Maejo University - Sansai District, Chiang Mai,Thailand. ICT 2021 atau Program Transfer Kredit Internasional merupakan salah satu program pemerintah untuk mengakui beban kerja dan prestasi yang diperoleh mahasiswa dari suatu lembaga pendidikan tinggi ke lembaga pendidikan tinggi lainnya yang berada di luar negeri. 

Ketujuh mahasiswa tersebut berasal dari Program Studi Bahasa Inggris, yaitu ; Dzul Kamalil Qorihah, Hapsari Mutya Sari, Pandu Wicaksono, Rahmatika Fahrina Eviyanti, Farisa Rahma Yulita, Sri Winengsih Siahaan, Aisyah Dinda Rachmalia. Menurut salah satu peserta Hapsari menyatakan “Proses seleksi awal dari Kaprodi dengan memilih mahasiswa dengan IPK 3.7, dan dilanjutkan dengan tes TOEFL dengan rata-rata minimal nilainya 450, setelah dinyatakan lolos kemudian diberikan kursus bahasa Thailand.” Dasar lolosnya mahasiswa tersebut didasarkan pada MoU yang dikeluarkan oleh pihak Maejo University dengan nomor FLA 69.8/023 tertanggal 25 Mei 2021 kepada masing-masing mahasiswa. “Setiap hari ada kelas pembelajaran Daring, libur diberikan pada hari Rabu, Sabtu, Minggu dan akan berjalan sampai dengan bulan November 2021” terang Hapsari.

Pelaksanaan sosialisasi program transfer kredit internasional (International Credit Transfer)  tahun 2021 kepada mahasiswa dan perguruan tinggi oleh Ditjen Dikti melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting dan disiarkan pula melalui akun Youtube Ditjen Dikti. Acara sosialisasi ini merupakan ragkaian acara terakhir dari program sosialisasi program transfer kredit internasional tahun 2021. Transfer Kredit Internasional merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) untuk memfasilitasi mahasiswa dalam upaya menguatkan dan menambah kompetensi melalui program studi lain atau perguruan tinggi lain di luar negeri untuk mempersiapkan mahasiswa dengan kompetensi global dan juga sebagai salah satu upaya dalam mengantisipasi derasnya persaingan global dalam berbagai aspek. Pada tahun 2021 ini, pelaksanaan transfer kredit internasional masih secara daring. Ketujuh Mahasiswa Universitas PGRI Adi Buana akan ditempatkan di Faculty of Liberal Arts - Maejo University, Thailand. (*)



Connect with us:


Copyright © 2021 by Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Seluruh Isi Web Dilindungi Hak Cipta.

  • Akademik
  • SPP
  • PMB
  • Wi-Fi.id