Berita Kampus

June 05, 2021

Fakultas Teknik Universitas PGRI Adi Buana, sudah ancang-ancang dari sekarang berkaitan dengan implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM), Fakultas yang memiliki 4 program studi pada jenjang Strata-1 ini, yaitu Program Studi Teknik Industri, Program Studi Teknik Lingkungan, Program Studi Teknik Elektro, Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Program Studi Pendidikan Vokasional Kesejahteraan Keluarga yang memiliki tiga konsentrasi (Tata Rias-Tata Boga-Tata Busana). Hari Jumat (4/6) sekitaran pukul 10.00 WIB tepatnya di Hotel Sofia Juanda-Sidoarjo melakukan penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) dalam bentuk kerjasama guna mendukung proses pembelajaran bagi mahasiswa Teknik.

Dekan Fakultas Teknik, ibu Yunia Dwie Nurcahyanie dalam sambutan singkatnya berharap kerjasama-kerjasama seperti ini dapat kita lakukan minimal satu semester ada sepuluh bentuk MoU, “ke depan kita harus rajin-rajin melakukan Mou dengan semua Instansi, baik Pemerintahan maupun Swasta, hal ini adalah tabungan kita agar dapat mewujudkan 8 Kriteria, sebagai Indikator Kinerja Utama bagi Fakultas, 8 IKU merupakan landasan transformasi Pendidikan Tinggi” jelasnya.

Kegiatan pelatihan yang di gelar dengan melibatkan 2 Mitra yaitu Hotel Sofia-Juanda dan Fakultas MIPA Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) dilaksanakan selama 3 hari, dengan jumlah peserta sekitaran 128 mahasiswa dari 5 program studi. Bentuk pelatihan analisa penelitian kualitatif dengan menggunakan software NVivo 11+ sangat diperlukan penggunaannya bagi mahasiswa-mahasiswa yang berencana memprogram Tugas Akhir. “Nvivo memiliki cukup banyak kelebihan dalam melakukan olah data kualitatif. Pertama dari segi bahan literatur untuk diolah. Setidaknya hampir semua data kualitatif dapat diolah menggunakan Nvivo baik itu berbentuk digital maupun cetak” penjelasan Dr. Muhtarom, S.Pd., M.Pd selaku narasumber dari UPGRIS.

Narasumber berikutnya adalah bapak Sutrisno, S.Pd., M.Pd yang memberikan pelatihan dimulai dari pukul 08.00-16.00 WIB, sehingga mahasiswa benar-benar memahami proses import data, coding, pengambilan kesimpulan dan pembacaan Node yang menjadi bagian hasil yang sudah dikelompokkan. Data-data yang sudah diklasifikasikan kemudian dapat diolah dengan menggunakan fitur Query. Fitur ini memuat fasilitas Text Search untuk mencari kata-kata yang sama dalam beberapa data, Word Frequency untuk mencari kata-kata yang sering muncul baik dalam 1 node atau semua data, dan Word Tree untuk melihat pohon hubungan antara kata yang sering muncul dengan kata-kata lainnya. (*)



Connect with us:


Copyright © 2021 by Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Seluruh Isi Web Dilindungi Hak Cipta.

  • Akademik
  • SPP
  • PMB
  • Wi-Fi.id