Berita Kampus

April 09, 2021

Study  Excursion yang sering disebut SE bagi program studi Teknik Lingkungan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya merupakan kegiatan rutin tahunan. Studi Ekskursi/Study Excursion adalah suatu kegiatan yang dilaksanakan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan  mahasiswa dibidang Teknik terutama di bidang akademis dan juga non akademis. Kegiatan Studi Ekskursi diharapkan bisa membantu mahasiswa untuk lebih memahami dan menambah pengetahuan dalam dunia kerja. Selain itu kegiatan ini juga diharapkan mengetahui perkembangan teknologi terutama dalam bidang Teknik lingkungan. Pengalaman dan ilmu dalam dunia kerja yang didapatkan dalam Studi Ekskursi diharapkan mahasiswa bisa menentukan kemana arah setelah lulus kuliah. Untuk memperoleh pekerjaan kemampuan saja tidak cukup tetapi diperlukan jaringan luas supaya dapat memporelah informasi dalam segala hal khususnya dunia kerja.

 

PT. PJB UPJOM Paiton – Probolinggo menjadi pilihan, dikarenakan pihak perusahaan telah menyiapkan segala informasi berkaitan dengan Proses Pengolahan Udara dan Limbah B3. Ibu Maya Maharani selaku Supervisor Lingkungan menjelaskan “Paiton menerapkan sistem manajemen lingkungan berdasarkan kaidah PDCA (Plan, Do, Check, Action), hal ini dilakukan karena PT. PJB Paiton bertanggung jawab mengelola limbah berdasarkan Regulasi Pemerintah.”

 

Peraturan Pengelolaan Limbah B3 (Bahan Beracun dan Berbahaya) di lingkungan PLN terutama PT. PJB Paiton ini mengacu pada ; Kep Bapedal No. 01 tahun 1995, Kep. Bapedal No. 225/1996 selanjutnya PP 22 tahun 2021 dan Per Men LHK nomor 1/2021, di luar itu juga harus ada Komitmen Manajemen sehingga limbah B3 benar-benar aman bagi lingkungan di sekitar perusahaan, terang bu Maya Maharani.

 

Studi Ekskursi ini dilakukan secara daring pada hari Selasa (06/4) yang diikuti sebanyak 123 mahasiswa dari tiga angkatan yaitu ; 2018, 2019 dan 2020 dan juga beberapa perwakilan pihak PT. PJB UPJOM Paiton, Nah dalam kesempatan pembukaan acara SE daring ini, Ketua Program Studi Teknik Lingkungan Dr. Rhenny Ratnawati, ST., MT menyampaikan bahwa “Studi Ekskursi ini adalah wahana Sharing Knowledge serta bagian dari Link and Match sehingga mahasiswa paham betul kondisi Dunia Usaha dan Dunia Industri (DU/DI) terutama berkaitan dengan proses pengolahan udara dan pengelolaan Limbah B3.” Walaupun terkendala Pandemi Covid-19 proses pelaksanaan studi ekskursi ini tetap berjalan dengan lancar, pemaparan oleh narasumber yaitu Supervisor Lingkungan PT. PJB UPJOM Paiton hampir dua jam, terbagi atas materi 1 tentang Limbah B3, kemudian materi 2 tentang pengolahan udara dan terakhir materi 3 berupa penayangan video tour perusahaan PT. PJB Paiton secara keseluruhan. (*)

 



Connect with us:


Copyright © 2021 by Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Seluruh Isi Web Dilindungi Hak Cipta.

  • Akademik
  • SPP
  • PMB
  • Wi-Fi.id