Berita Kampus

February 23, 2021

Beberapa mahasiswa nampak membolak-balikan buku dan sesekali  memandang kelangit-langit Gedung FSK (Fakultas Sains dan Kesehatan), hal ini menunjukan bahwa dia sedang mengingat keras mata kuliah yang akan di ujikan hari ini. Ternyata ada 6 mahasiswa yang Selasa ini (23/2) sedang menjalani UHAP III di Program Studi Kebidanan. UHAP III merupakan Ujian Tahap III tentang Patologi Kebidanan,  Mahasiswa kebidanan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya dibekali ilmu patologi kebidanan, ada beberapa macam patologi kebidanan yang harus di pahami oleh setiap bidan dan tenaga kesehatan lainnya : patologi kehamilan, patologi persalinan, patologi nifas, asuhan kebidanan patologi. Dengan menguji keterampilan penatalaksanaan Perdarahan pascasalin, Manual Placenta, Pemasangan Kondom Kateter, Persalinan Sungsang, Distosia bahu, persiapan kuret. Sedangkan ujian bersama dokter spesialis Kandungan meliputi keterampilan drip oksitosin, Vakum ekstraksi, Preeklamsi dan Sungsang yg akan dilaksanakan hari Jum’at mendatang.

“Ujian kali ini kami buat bertahap, mengingat aturan Pemerintah terhadap Pandemi Covid-19 yang masih ketat, sehingga maksimal kami menguji 5 orang setiap hari, itupun dengan standar protokol kesehatan yang lengkap” jelas Tetty Rihardini, S,ST., M.Keb selaku Dosen Penguji. Saat ini Fakultas Sains dan Kesehatan (FSK) memikili 2 Program Studi berjenjang Strata-1 yaitu Kebidanan dan Farmasi, dan memiliki 1 Program Studi Profesi Bidan selain Program Studi DIII-Kebidanan, dan guna mendukung program Kampus Merdeka-Merdeka Belajar pihak Dekanat sudah menjalin kemitraan denga beberapa Fasilitas Kesehatan, Rumah Sakit Negeri dan Swasta serta beberapa Bidan Praktik Swasta di Jawa Timur.

Pembelajaran Semester Gasal 2020/2021 untuk semua program di Fakultas Sains dan Kesehatan ini dilakukan secara Daring dengan menggunakan LMS Virlenda (Virtual Learning Enviroment of Adi Buana) sehingga mahasiswa tetap mendapatkan haknya untuk mengampu ilmu secara baik. “Hanya ujian praktik seperti ini yang tidak bisa kami lakukan secara Daring, kami harus menjadwalkan secara rinci, jika sehari 5 orang mahasiswa, maka UHAP III seperti ini bisa sampai 2 Mingguan” tegas Tetty. Penjaminan mutu terhadap proses akademik mahasiswa harus tetap terjaga sehingga kedepan pelaksanaan 8 Indikator Kinerja Utama (IKU) di program Studi Kebidanan harus terwujud dengan baik, terang Tetty yang juga Ketua Program Studi S1-Kebidanan dengan Semangat. (*)

 



Connect with us:


Copyright © 2020 by Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Seluruh Isi Web Dilindungi Hak Cipta.

  • Akademik
  • SPP
  • PMB
  • Wi-Fi.id