Berita Kampus

October 05, 2020

SEMA Fakultas Sains Kesehatan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya berhasil memenangkan Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa Kemendikbud 2020. Keberhasilan ini didapatkan oleh Senat Mahasiswa yang dibimbing oleh Setiana Andarwulan, SST.,M.Kes.

Program ini bekerjasama dengan Ibu kader. Pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan di Kelurahan Siwalankerto Kecamatan Wonocolo Surabaya pada tanggal 18 September 2020. Kegiatan ini dihadiri oleh Ibu – Ibu Kader Posyandu RW 05 Siwalankerto. Kegiatan yang dilaksanakan meliputi: Koordinasi dengan lintas sektor terkait, Sosialisasi, Pembentukan Kelembagaan yang digunakan untuk memperlancar proses koordinasi dengan warga masyarakat yang selanjutnya  diikuti dengan pembentukan pengurus yang terdiri dari ketua, bendahara dan sekretaris. Dan dilanjutkan dengan pelatihan serta pengenalan awal tentang MOM, dengan harapan ibu kader dapat melakukan managerial organisasi.

“Alhamdulilah kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar, karena dapat membantu para ibu kader lebih safety dalam melakukan pencatatan tentang data balita. Nantinya kami juga akan membentuk sebuah kampung SI JAKS yang merupakan salah satu bentuk penanganan stunting melalui aplikasi." ujar Setiana Andarwulan, SST.,M.Kes.

Balai RW 05 yang menjadi tempat penyelenggaraan program

Balai RW 05 yang menjadi tempat penyelenggaraan program 

Menurut Setiana inspirasi dari kegiatan ini adalah masih terdapat masyarakat yang belum familiar terhadap apakah itu stunting?. Sebagian masyarakat hanya mendengar istilah stunting saja tanpa disertai informasi yang lebih lanjut.

Pembentukan Kelembagaan SI JAKS

Pelatihan Pengisian Aplikasi

Senat Mahasiswa yang melakukan pelaksanaan PHP2D, ini terdiri dari 4 mahasiswa kebidanan dan 6 mahasiswa farmasi. Fakultas sains kesehatan ini memiliki kemajuan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, berkembang mengikuti era 4.0 sehingga mampu membuahkan hasil terciptanya sebuah aplikasi yang berjudul SI JAKS 2020 (Sistem Informasi Jaringan Keluarga Tanpa Stunting). Dengan langkah awal untuk digunakan di wilayah RW 05 Kelurahan Siwalankerto Surabaya, bukan tidak mungkin bila program ini berlanjut dapat berkembang dan digunakan sampai dengan satu kelurahan tentunya.



Connect with us:


Copyright © 2020 by Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Seluruh Isi Web Dilindungi Hak Cipta.

  • Akademik
  • SPP
  • PMB
  • Wi-Fi.id