Berita Kampus

July 20, 2020

Kompak: Rektor Unipa Dr M Subandowo MS (tengah) didampingi Wakil Rektor I Dra Dwi Retnani S MSi (kiri), dan Drs Akhmad Qomaru Zaman MPd Direktur Program PPG saat pembukaan acara penyegaran calon dosen dan guru pamong PPG Dalam Jabatan Angkatan I Tahun 2020.

Surabaya- Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Surabaya kembali dipercaya oleh Kementerian dan Kebudayaan (Kemdikbud) sebagai penyelenggara Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan tahun 2020. Penyelenggaran PPG kali ini berbeda dari tahun sebelumnya karena harus dilaksanakan secara daring melalui aplikasi LMS (Learning Management System) lantaran adanya pandemi covid-19. Hal ini sempat membuat resah para calon dosen dan guru pamong.  

Rektor Unipa Surabaya Dr M Subandowo MS optimis bahwa PPG adalah salah satu jalan untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan agar tidak tertinggal dari negara lain. Hal itu disampaikan usai membuka secara resmi kegiatan "Penyegaran Calon Dosen dan Guru Pamong PPG Dalam Jabatan Angkatan I Tahun 2020" di Gedung Soelaiman Joesoef. Senin, (20/7).

Menurutnya, penyegaran itu bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan sekaligus profesional guru yang mana pada titik ini dituntut untuk mahir menggunakan teknologi informasi. Penyelenggara juga harus membuat suatu baseline sebagai ukuran atau indikator bahwasanya penyelenggaraan ini untuk meningkatkan mutu dan martabat LPTK (Lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan).

"Di dalam penyelenggaarannya juga harus menerapkan prinsip high touch leadership yakni bagaimana bisa terus upgrade ilmu dan selalu bersinergi dengan hal baru agar dunia pendidikan tidak tertinggal dengan negara maju lainnya,"terang Subandowo. Subandowo menegaskan, Unipa telah  memiliki Virlenda (Virtual Learning Adi Buana). Jadi, kalau PPG memerlukan daring kami telah siap dengan hal itu.

Dia juga bersyukur atas penghargaan dan kepercayaan ini. Dia ingin dosen dan guru pamong selalu melakukan evaluasi pada setiap kegiatan mulai dari pendalaman pedagogik, pengajaran, pengembangan, hingga PPL. Oleh karena itu, di dalam prosesnya selalu menerapkan nilai-nilai semangat PAGI (Peduli, Amanah, Gigih, dan Inovatif). Subandowo berpesan untuk selalu menjaga marwah LPTK agar bisa mendidik secara profesional sesuai tugas dan fungsinya agar dapat menghasilkan guru-guru yang berkualitas ke depannya.

Selanjutnya, Drs Akhmad Qomaru Zaman MPd Direktur Program PPG mengatakan, tahun ini Unipa melibatkan 48 dosen dan 28 guru pamong dari sekolah mitra. Penyegaran tersebut adalah miniatur dari pelaksanaan PPG. "Penyegarannya sendiri dilaksanakan selama 5 hari mulai tanggal 20 s.d. 24 Juli 2020 melalui virtual sebagai bentuk pengimbasan dan penyegaran sebelumnya. Pelaksanaan PPG serentak akan dimulai pada tanggal 3 Agustus ini dengan jumlah kuota 200 orang dari 3 prodi PPKN,  BK, dan PGSD,"terangnya.



Connect with us:


Copyright © 2020 by Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Seluruh Isi Web Dilindungi Hak Cipta.

  • Pmb Adi Buana
  • Promosi