Berita Kampus

May 05, 2020

Narasumber: Mudhar, S.Psi., M.Si. dosen Bimbingan dan Konseling Unipa Surabaya saat menyampaikan materi di acara Mentalks yang dipandu oleh Elia Firda, S.Pd., MPd.

 

Surabaya- Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Surabaya meluncurkan program baru yang diberi nama “Mentalks”. Program yang diusung ini merupakan salah satu bentuk kepedulian sosial untuk membantu menstabilkan kesehatan mental masyarakat ditengah wabah pandemi covid 19. Acara ini diikuti ratusan peserta yang terdiri dari guru-guru BK dan mahasiswa dari dalam dan luar Unipa Surabaya. Senin, (4/5).

Ayong Lianawati SPd MPd Ketua Program Studi BK Unipa Surabaya mengungkapkan, Mentalks ini menggunakan aplikasi google meet sehingga para peserta bisa mengakses dengan mudah. “Topik yang dibahas setiap minggu juga akan berbeda-beda, seperti di minggu pertama kami membahas seputar ‘Logika vs Emosi’ berhasil menarik perhatian para peserta mentalks,”terang  perempuan berhijab ini.

Menurutnya, di era pandemi ini terjadi banyak perubahan dalam kehidupan. Munculnya shock culture, habit yang baru dan mengasah kemampuan beradaptasi dengan cepat. Semua hal tersebut akan berdampak pada munculnya gejala psikosomatis. Ketika ditanya antara logika dan emosi, mana yang harus didahulukan? Usahakan keduanya seimbang. Karena dua hal tersebut tidak bisa dipisahkan saling mempengaruhi dampaknya. Memilih antara logika dan emosi haruslah kita sesuaikan dengan hasil yang diinginkan ketika kita berhadapan dengan suatu perubahan.

“Seperti yang kita ketahui bahwa dampak dari pandemi ini tentunya sangat mempengaruhi kondisi psikis bahkan sebagian masyarakat kita mungkin merasakan kecemasan, gelisah, resah, jenuh karena tidak bisa beraktivitas seperti biasanya,”tambah Ayong.

“Alhamdulillah, belum genap 24 jam pendaftaran dibuka jumlah pendaftar sudah memenuhi kuota,”kata Ayong. Melihat antusias peserta pada program Mentalk ke depan akan dikemas lebih menarik lagi khususnya pada tema yang diangkat. Pihaknya juga mengatakan selama proses kendala hanya pada teknis saja karena beberapa peserta belum terbiasa menggunakan daring. (*nr)



Connect with us:


Copyright © 2020 by Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Seluruh Isi Web Dilindungi Hak Cipta.

  • Pmb Adi Buana
  • Promosi