Berita Kampus

December 16, 2017

Dr. Istas Pratomo saat memaparkan materi

 

Surabaya- Sabtu yang tidak biasa di Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Para dosen nampak riuh dengan smartphone masing-masing. Sambil lihat kanan dan kiri mereka berusaha mendownload software Green Kinemaster yang hits di kalangan anak muda masa kini yang memiliki kekuatan hebat untuk membuat video keren. Para dosen Unipa Surabaya ini asik mengikuti workshop "Editing Video Keren dengan Smartphone. (16/12).

 

Hanya berbekal smartphone mereka bisa belajar teknik membuat video keren, bahkan sangat mudah dan cepat apabila digunakan untuk membuat video pembelajaran kreatif. Era memang sudah berubah maka dari itu pola mengajar pun juga harus mnengikuti perkembangan zaman. Inilah yang diharapkan oleh Drs. Djoko Adi Waludjo, ST., MM., DBA Rektor Unipa Surabaya sekaligus untuk mendukung Unipa raih akreditasi "A".

 

Dulu, untuk membuat video yang bagus perlu waktu yang lama. Akan tetapi dengan adanya smartphone anggapan itu telah gugur. Hal itu, diungkapkan oleh narasumber acara ini Dr. Istas Pratomo Dosen Teknik Elektro Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Ia mengajarkan banyak teknik kepada para dosen Unipa Surabaya. Salah satunya, teknik membuat bayangan dengan Green Kinemaster.

 

Ia juga mengajarkan tentang menggunakan reverse, slow motion, menghentikan benda di udara, membuat kentang goreng dengan cepat, memeras apel, dan lain sebagainya langsung melalui smartphone yang dihubungkan ke LCD. Menurutnya, belajar akan semakin menyenangkan dengan praktik langsung karena hasilnya 99.99% berhasil. Bahkan, ia menggunakan salah satu dosen Unipa untuk menjadi modelnya.

 

Berbagai teknik yang diajarkan narasumber dapat diaplikasikan langsung untuk membuat video pembelajaran kreatif berbasis internet. Gambar, video, teks, dapat dibuat sesuai dengan kreativitas masing-masing dosen. Selebihnya, bisa langsung unggah ke youtube juga. Tidak hanya memudahkan dosen tetapi juga mahasiswa. Artinya, dosen telah memaksimalkan fungsi smartphone yang dimiliki.

 



Connect with us:


Copyright © 2020 by Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Seluruh Isi Web Dilindungi Hak Cipta.

  • Pmb Adi Buana
  • Promosi