Berita Kampus

December 15, 2017

UNIPA DALAM BINGKAI SWARA NEWS

Rektor UNIPA Joko AW: Berkeinginan adanya Merchandise University

 

SURABAYA (Swaranews) – Lembaga Perguruan Tinggi yang sudah mapan seharusnya membantu program pemerintah seperti pelestarian satwa langka.  Demikian diungkapkan Rektor Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Drs. Joko Adi Waluyo, ST,MM,DBA terkait kegiatan penangkaran Rusa Timor beberapa tahun terakhir.

 

Joko AW sapaan akrab Joko Adi Waluyo,  keberadaan penangkaran Rusa Timor di kampus Unipa Menanggal Surabaya telah mencapai tahap generasi kedua.  “Di bulan Desember ini telah lahir generasi kedua ya boleh disebut cucu dan nanti kalau sudah cicit akan kami ikut program Bebas Lepas Prakarsa Pemerintah yaitu dilepaskan ke alam.bebas,” jelas Joko AW berbinar. Sembari menambahkan Rusa Timor yang ada kini sejumlah 8 ekor. Menurutnya, kini tidak hanya berkonsentrasi mengupayakan penangkaran Rusa Timor melainkan juga satwa Merak.”

 

“Kami secara serius menangkarkan satwa Merak karena ada indikasi satwa Merak ini spesiesnya mulai langka.Disamping itu juga burung Jalak Bali yang nantinya ingin berkontribusi dalam program lepas bebas,” jelas Joko AW yang  juga memprogramkan pelestarian flora di lingkungan kampus. “Berbagai jenis pohon langka kami tanam di kampus Menanggal dan kedepan kami ingin menanam berbagai varietas, seperti Mangga Nusantara,” kata Joko AW sambil menambahkan kini di Unipa sudah tertanam 19 varietas Mangga Nusantara.  Ia juga berobsesi terwujudnya Festival  Mangga di Kampus Unipa .”Mangganya selain hasil panen dari kampus juga hasil kerja sama dengan petani mangga di Jawa Timur, demikian disampaikan Joko AW kepada swaranews. Nantinya bukan saja ada festival Mangga saja, tapi juga ada festival Sawo dan sebagainya.

 

Berbicara tindak-lanjut program pengembangan dan pelestarian Flora dan Fauna,  Joko AW berkeinginan, adanya Merchandise University. “Jadi  kami ingin masyarakat kampus Unipa memakai kaos yang gambarnya bunga Matahari, buah Mangga, Jalak Bali dan potensi lainnya yang telah dikembangkan  secara serius di Unipa,” tutur Joko AW sembari mengatakan adanya anggaran khusus untuk pelestarian dan penangkaran satwa langka. KM

 



Connect with us:


Copyright © 2020 by Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Seluruh Isi Web Dilindungi Hak Cipta.

  • Pmb Adi Buana
  • Promosi