Berita Kampus

November 08, 2017

 

 

 

Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud  melakukan monitoring evaluasi (monev) di Universitas PGRI Adi Buana Surabaya (UNIPA Surabaya) terkait pelaksanaan Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) tahun 2017. Monev tersebut dilakukan oleh Dr. Ponco dosen Universitas Muhammadiyah Malang selaku anggota KSG (Konsorsium Sertifikasi Guru) dan Krisno dari Dikdas Kemendikbud.


Monev bertujuan untuk menggali informasi dari pelaksanaan PLPG yang terkait dengan kendala dan solusi,”kata Dr. Agung Pramujiono, M.Pd., selaku ketua PSG (Panitia Sertifikasi Guru) pada Sub Rayon 21 UNIPA Surabaya.

Menurut Agung melalui monev ini akan diperoleh masukan sebagai refleksi pelaksanaan PPG (Pendidikan Profesi Guru) dalam Jabatan pada tahun 2018 mendatang.


Kegiatan Monev diawali dengan acara pembukaan yang berlangsung di ruang rapat Fakultas Teknik UNIPA Surabaya, yang juga dihadiri oleh Dr. Hartono, M.Si., selaku Wakil Rektor I UNIPA Surabaya. Dalam sambutan pembukaan, Hartono yang mewakili Rektor UNIPA, menyatakan bahwa urgensi monev sangat penting sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam penyelenggaraan PLPG sebagai salah satu bentuk Sertifikasi Guru dalam Jabatan. Melalui Monev dapat digali berbagai kendala yang perlu dicarikan solusinya secara cerdas dalam kerangka pengendalian dan peningkatan mutu penyelenggaraan PLPG khususnya di Sub Rayon 21 UNIPA Surabaya dan pada umumnya di berbagai LPTK penyelenggara PLPG.
 

Dr. Ponco anggota KSG yang mewakili tim Monev dalam sambutannya pada acara pembukaan Monev, menyatakan bahwa ia merasa terharu terhadap sambutan pimpinan dan PSG UNIPA Surabaya yang ramah dan simpatik dengan mengedepankan rasa hormat menghormati dan kebulatan tekat dalam peningkatan mutu penyelenggaraan PLPG.   


Dalam monev ini melibatkan instruktur dan juga peserta sertifikasi guru, masing-masing diwakili 7 orang dengan mekanisme ada angket yang harus diisi oleh mereka,”tambahnya.


Di dalam monev kali ini, permasalahan umum yang ditemukan adalah peserta masih saja ada yang belum mendapat informasi tentang pelaksanaan PLPG dan ada beberapa yang tidak aktivasi karena tidak tahu harus aktivasi. Untuk permasalahan ini peserta masih mendapat layanan dan dibantu aktivasinya serta diberi kesempatan menyelesaikan tugas,”terangnya.


Petugas monev yang bekerja sama dengan baik dengan panitia Sub Rayon 21 UNIPA Surabaya, sehingga pelaksanaan monev berjalan dengan lancar pada Selasa, (7/11) kemarin.



Connect with us:


Copyright © 2020 by Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Seluruh Isi Web Dilindungi Hak Cipta.

  • Pmb Adi Buana
  • Promosi