Berita Kampus

August 18, 2017

Peserta sedang membangun kekompakan dengan kelompok.

SURABAYA- Pramuka Racana Dharma Pandu menyelenggarakan Kursus Mahir Dasar (KMD) di Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Surabaya, Dukuh Menanggal. Kursus calon pembina yang dilaksanakan setiap tahun ini, bekerjasama dengan Kwarcab Kota Surabaya.

"Kegian KMD sebuah kursus yang dipersyaratkan untuk para calon pembina, nanti dalam 5 (lima) hari mereka akan memahami setingkat dasar pemahaman gerakan pramuka kemudian mereka akan mendapatkan sertifikat yang menunjukkan bahwa layak sebagai pembina,"kata Rektor Unipa Surabaya Drs. Djoko Adi Waludjo, ST., MM., DBA  kemarin. 

Djoko menambahkan, selama menjalani KMD mereka ditempa berbagai materi mulai dari tingkat siaga, penggalang, dan penegak. selain itu, mereka juga melewati kegiatan yang paling menyenangkan yakni pengembaraan yang syarat dengan nilai.

KMD bertujuan untuk membekali para calon pembina tentang pramuka. Pada kurikulum 2013 tertera bahwa pramuka menjadi kegiatan wajib yang harus dilaksanakan di sekolah oleh karenanya harus memiliki bekal pemahaman tentang gerakan pramuka dengan baik, ini mengingat bahwa pembina masih terbatas dan sekolah serta merta masih sangat membutuhkan,"terang rektor penggiat pramuka tersebut.

Dalam kegiatan ini, diikuti 175 peserta dari mahasiswa PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar) dan dari luar Unipa Surabaya. 

Sementara itu, Djoko AW mengungkapkan, pihaknya sangat mendukung kegiatan KMD, karena di dalamnya syarat dengan nilai positif yang mampu menumbuhkan nilai-nilai luhur pada generasi penerus bangsa.

Berbeda dari tahun sebelumnya, terdapat 1 peserta yang tidak lulus dalam KMD karena menderita sakit. Sementara ada 20 peserta yang dinobatkan sebagai peserta terbaik selama mengikuti KMD. (*)


Berita Terbaru
Kategori Berita
Kemitraan Internasional
Monash University Universiti Teknologi Mara Hutech University of Technology International Cultural Communication Center Malaysia Maejo University Thepsatri Rajabhat University USSH Saint Louis University Institut Pendidikan Guru
Copyright © 2023 by Universitas PGRI Adi Buana Surabaya