Berita Kampus

August 24, 2017


Drs. Djoko Adi Waludjo, ST., MM., DBA Rektor Unipa Surabaya

 

SURABAYA- Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Surabaya patut berbangga hati. Ini terjadi karena kampus yang konsisten menjadi kampus Go Green tersebut, berhasil masuk peringkat 100 besar Perguruan Tinggi (PT) terbaik se-Indonesia. Unipa berada di peringkat ke-78 dari total 4.200 PT terbaik se-Indonesia.

“Pencapaian ini sungguh sangat membanggakan kami,” kata Rektor Unipa Surabaya, Drs.Djoko Adi Walujo, ST., MM., DBA. Kamis (24/8).

Menurut Djoko, pihaknya sangat bersyukur, bahwa kini Unipa sudah mulai menjadi salah satu PT swasta yang diperhitungkan di kancah nasional. Sebab, di tahun lalu, Unipa berada di peringkat 246. Sedangkan di tahun 2015, berada di posisi peringkat 212.

Melejitnya peringkat tersebut, kata Djoko AW, merupakan hasil dari kinerja seluruh keluarga besar Unipa. Hanya saja, pihaknya memang sedang melakukan pembenahan besar-besaran untuk bisa terus meningkatkan prestasi. Seperti kini semakin rapi dan rajin melakukan dokumentasi berbagai kegiatan mau pun portofolio sumber daya manusia (SDM).

‘”Saya punya program, di tahun 2017 ini, nantinya  seperlima dari dosen Unipa harus sudah lulus doktor. Kini, dosen kami ada 256 orang. Jadi sekitar 50 dosen lah, target hingga akhir tahun harus berijazah doktor,” terang Djoko.

Tak hanya itu, lanjut dia, pihaknya juga terus berupaya mendorong para dosen dan mahasiswa melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (Litabmas), juga mengembangkan jurnal-jurnal ilmiah online di kampus. Untuk tahun lalu saja, ada sekitar 76 penelitian dan pengabdian masyarakat yang sudah dilakukan. Agar hasil penelitian dan pengabdian masyarakat tersebut terdokumentasi, maka dosen mau pun mahasiswa diwajibkan membuat laporan menjadi sebuah buku.

Djoko menambahkan, pihaknya juga bertekad untuk membuat program studi (prodi) di kampusnya tidak ada yang berpredikat C. Namun, semua minimal B menuju A, dan A. Dari total 22 prodi, sebanyak empat prodi sudah berpredikat A, yakni Pascasarjana, Bimbingan dan Konseling, Pendidkan Kepelatihan Olahraga dan Akuntansi.

‘”Saya merasa bahwa Unipa bisa mencapai seperti sekarang ini, karena perjuangan dari pendahulu saya,” tuturnya.

Karena itu, kata Djoko, dia bertekad untuk membuat kepemimpinan yang bagus. Bahwa pemimpin yang sukses itu adalah pemimpin yang menciptakan lapangan landas yang mulus bagi penggantinya. “Dan saya berusaha untuk bisa seperti itu,” tukasnya.

Dari hasil yang sudah dicapai tersebut, di tahun depan, diharapkan Unipa bisa terus meningkat prestasinya. Dan berada di posisi 50 besar kampus terbaik se-Indonesia, menjadi target di tahun depan. Untuk itu, pihaknya akan mengikuti aturan main pemeringkatan, dan berupaya untuk memenuhi berbagai persyaratan agar hasil peringkat menjadi bagus. (*)



Connect with us:


Copyright © 2020 by Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Seluruh Isi Web Dilindungi Hak Cipta.

  • Pmb Adi Buana
  • Promosi