Berita Kampus

May 06, 2014

SENYUM TULUS: Rektor Unipa Surabaya H. Sutijono (kiri) didampingi oleh ketua yayasan PPLP PT PGRI Surabaya Prof. Iskandar W (tengah) saat memberikan ucapan selamat datang kepada  tamu dari IPGKBA Kuala Lumpur Malaysia Puan Hajjah Rohana (kanan).

 

SURABAYA- Kunjungan IPGKBA (Institut Pendidikan Guru Kampus Bahasa Antarabangsa) Kuala Lumpur Malaysia ke Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Surabaya bukan tanpa alasan.  Sebelumnya, antara Unipa dan IPGKBA pernah menjalin  kerjasama   sejak tahun 2008 lalu. Hal itu, diungkapkan  Nunung Nurjati disela acara.

Menurut Nunung Nurjati, berawal dari beasiswa MTCP (Malaysion Technical cooperation) tahun 2008 yang diberikan kepada Vera Dian (Kaprodi Bahasa Inggris) untuk menjalani training tentang pendidikan bahasa inggris di IPGKBA selama satu bulan. Pada tahun 2009 beasiswa MTCP kembali diberikan kepada dua  dosen Unipa Surabaya yaitu, Siyaswati dan Nunung Nurjati yang juga dosen Bahasa Inggris. Sedangkan tahun 2010  Jaelani dari prodi matematika mendapatkan beasiswa tersebut. Sehingga, beasiswa  ini terjadi selama tiga tahun dan fakum pada tahun berikutnya.

“Kerjasama ini berlanjut dengan institusi, yaitu melalui Prodi Bahasa Inggris dengan mendatangkan Aslam Khan dari IPGKBA sebagai narasumber di workshop guru se Jatim. Saat ini kerjasama tersebut tidak hanya institusi dan program studi melainkan sampai tataran institusi dengan institusi yaitu IPGKBA dan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, terang Nunung Nurjati.

  Nunung Nurjati menambahkan, dalam kesempatan itu juga dilakukan penanda tanganan MOU kerjasama Unipa Surabaya dan IPGKBA Kuala Lumpur Malaysia. Dalam MOU tersebut berisi tentang pertukaran dosen dan mahasiswa.

 “Delegasi dari Malaysia sendiri berjumlah 27 orang yang diantaranya, direktur IPGKBA Puan Hajjah Rohana dan Aslam Khan bagian kerjasama international.  Pertemuan ini akan dilakukan selama tiga hari mulai dari tanggal 23 s.d 25 April, yang akan diisi sharing tentang temuan dan inovasi terbaru terkait pendidikan dan pengajaran. Dalam kesempatan ini, dosen FKIP Unipa  memberikan presentasi. Selain itu, dari IPGKBA juga berbagi hasil riset yang sudah dilaksanakan,” tukas Nunung Nurjati.

Menurut Rektor Unipa Surabaya, H. Sutijono MM, kerjasama yang sudah dibuat ini semoga dapat dikembangkan dan dilaksanakan. Selain itu, bisa melakukan sharing dalam penulisan jurnal maupun penelitian lain. Kunjungan dari IPGKBA sangat tepat karena bertepatan dengan diesnatalis Unipa Surabaya ke 43.

“IPGKBA merupakan kampus international teacher education yang memiliki FKIP dalam lembaga yang besar. Prodi kebahasaannya banyak seperti, Inggris, Jepang, Cina, dll. Pada hari pertama tamu dari IPGKBA tersebut akan diajak untuk meninjau kampus Unipa seperti PGSD, Kebidanan, seni rupa, dan beberapa laboratorium. Selain itu, menariknya mereka diberi kesempatan untuk mengenal tempat sejarah di Surabaya seperti Tugu pahlawan, Sampoerna, Pembuatan batik,  dan Suramadu,

Persiapan kedepan diharapkan para dosen lebih meng up to date baik keterampilan, pengetahuan, dan kemampuannya dan ini berlaku pula untuk mahasiswa. Dosen harus mengikuti perkembangan zaman supaya tidak sampai tertinggal,”terang Nunung Nurjati. (rohma)



Connect with us:


Copyright © 2020 by Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Seluruh Isi Web Dilindungi Hak Cipta.

  • Pmb Adi Buana
  • Promosi