Berita Kampus

January 23, 2013

Memiliki usaha yang sukses adalah mimpi setiap orang, tapi tahukah anda bagaimana cara memulainya, bagaimanakah cara membentuk rasa percaya diri dalam berwirausaha, ‘Unipa Surabaya punya solusi’

 

Perlu kita ketahui untuk memulai sebuah usaha itu gampang-gampang susah. Gampang apabila kita punya keahlian (skill), keuletan serta modal usaha tentunya dan susah apabila kita tidak punya keahlian sama sekali di bidang itu. Seringkali kita berjalan di jalan yang salah, sudah tahu itu bukan area kita tetapi tetap saja di terjang, logika tidak digunakan sehingga membuat usaha kita pas-pasan, itu adalah fenomena nyata yang ada di masyarakat kita. Bagaimanakah dengan anda, apakah akan sama atau akan menciptakan hal yang baru dan penuh inovasi, itu pertanyaan yang harus dijawab buat semua calon pengusaha.

Tidak ada salahnya melakukan konsultasi atau ikut pelatihan kewirausahaan, itu akan menambah wawasan tentang bisnis kita dan paling penting memperluas wilayah kita karena disana ada banyak relasi-relasi yang dapat kita ajak bekerja sama. Berbicara soal usaha tak lain adalah soal peluang dan hidup. Dalam berwirausaha seyogyanya kita mampu menciptakan peluang, haram hukumnya kalau kita harus menunggu peluang. Rasa percaya diri yang kita miliki adalah modal utama dalam memulai suatu kegiatan yaitu kegiatan berwirausaha, selain itu bercerminlah dari usaha orang lain bukan bermaksud menjiplak atau mengekor, akan tetapi kita harus bisa membuat lebih dari yang mereka buat dengan menambah nilai.

Nilai dalam usaha sangatlah penting, misal tentang penyajian produk, tempat dan fasilitas (keramahan), mau tidak mau ini wajib buat kelangsungan usaha kita agar konsumen puas.

Seperti halnya yang dilakukan para staf dan karyawan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya yang sebentar lagi memasuki masa pensiun, bersamaan dengan itu maka diadakan pembekalan kewirausahaan pegawai bersama Drs. Murna Indrianto,  yang dilaksanakan pada hari selasa tanggal 8 Januari 2013 bertempat di kampus I gedung A  lantai 2.  Kegiatan ini intinya sebagai bekal bahwa ketika mereka sudah tidak aktif di kampus mereka bisa menikmati masa tua dengan berwirausaha. kegiatan ini wajib diberi applause, karena usia tidak menjadi hambatan bagi mereka (pegawai Unipa) untuk mengikuti pelatihan sampai selesai.

Kegiatan ini di pilah menjadi 2 sesi, sesi yang pertama mengenai perumusan ide bisnis yang brilian dan sesi yang kedua mengenai pengujian ide bisnis tersebut. Sebelumnya penyaji memberikan gambaran mengenai ide bisnis yang tepat sasaran sesuai dengan lingkungan sekitar, kemudian penyaji memberikan kesempatan untuk peserta membentuk kelompok dan merumuskan ide bisnis yang bisa di gunakan untuk jangka panjang. Ramai tetapi menyenangkan tegas salah satu peserta pelatihan yang bisa di bilang usianya sudah mencapai kepala lima tersebut.

Kemudian penyaji memberikan instrument  lanjutan yang berisi, alat uji, kekuatan, kelemahan, dan peluang. Instrumen tersebut dikaitkan dengan studi kasus yang sebelumnya dirumuskan setiap kelompok. Hasil analisa  dalam bentuk ide bisnis diharapkan dapat memberikan pengaruh positif terhadap ide bisnis tersebut.

Kemudian timbul paradigma  mengenai  pentingnya promosi dalam berbisnis, sedang kita tahu promosi bagian dari marketing tentang produk atau jasa kita oleh karena itu harus memiliki daya tarik dan ciri khas tersendiri agar orang lain mudah mengingatnya.

Hal-hal yang bisa dilakukan terkait metode atau cara adalah dengan penjualan tatap muka (personal selling), periklanan (advertising), promosi penjualan (sales promotion) dan publik relasi (public relation), itu kunci dalam berbisnis tegas bapak Teguh.

Tidak perlu cemas dan gelisah soal modal usaha karena dengan modal sedikit kita bisa mendapat keuntungan yang sebesar-besarnya, dengan jalan smart manajement dan keuletan. Membangun karakter pengusaha memang tidak mudah tetapi selalu ada solusi, lakukan apa yang bisa anda  lakukan kalau tidak bisa maka bertanyalah pada yang bisa dan yang sudah berpengalaman. Jadi sudah siapkah anda para pegawai Unipa memulainya!

*Unipa Sby



Connect with us:


Copyright © 2020 by Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Seluruh Isi Web Dilindungi Hak Cipta.

  • Pmb Adi Buana
  • Promosi