opini

August 10, 2022

Kemajuan zaman yang diikuti dengan era disrupsi pada Society 5.0 ini menuntut manusia memiliki sumber kebutuhan baru dalam rangka mengoptimalisasi pekerjaan mereka, kebutuhan tersebut adalah Data.

Data menjadi sesuatu yang penting untuk mengolah informasi menjadi berbagai sumber daya, mulai dari kebutuhan Marketing, Edukasi, Industri, hingga Pemerintahan.

Untuk itulah dibutuhkan profesi Data Analyst dalam berbagai sektor lini sebagai pihak yang bertanggung jawab untuk melakukan analisis dan riset data dengan menggunakan tools atau software tertentu.

Data Analyst sendiri merupakan profesi yang masih terhitung baru dewasa ini mengingat juga pertumbuhan akan tren digital marketing yang semakin pesar. Tiga poin penting yang harus dimiliki oleh Data Science sebagai profesi Data Analyst ialah latar belakang pendidikan yang memadai, mulai dari Kurikulum yang Komprehensif, Reputasi Pendidikan Tinggi yang baik, hingga berbagai kemampuan softskill yang optimal sebagai penunjang karakter seorang Data Science.

Jurusan ataupun Program Studi Statistika (S1) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya hadir menjawab tantangan tersebut. Beberapa tahun telah berlalu sejak 1998 dimana PRODI Statistika Adi Buana mulai berdiri. Ratusan lulusan telah hadir di masyarakat dan berprofesi di berbagai bidang lini profesional.

"PRODI Statistika Adi Buana, tidak hanya membekali para mahasiswa dengan berbagai pengetahuan akademik tentang dunia data analisis ataupun riset, namun kami juga berkomitmen agar mahasiswa juga Siap dengan berbagai tantangan dan tuntutan kompetensi serta zaman yang pasti akan mereka hadapi nantinya, sehingga kami juga membekali mereka dengan berbagai pelatihan ataupun workshop penunjang di setiap semesternya." ujar Alfisyahrina Hapsery, S.Si., M.Si. selaku Kepala Program Studi Statistika Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

Statistika Adi Buana juga telah memiliki Lembaga Sertifikasi Profesi Data Science, dimana Lembaga pelaksana kegiatan sertifikasi profesi yang mendapat lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) berfungsi sebagai sertifikator, yaitu melaksanakan sertifikasi kompetensi dalam hal ini sebagai Data Science.

Berbagai fasilitas penunjang juga tersedia di PRODI Statistika Adi Buana, mulai dari Lab Analitik Data Sosial dan Kesehatan, Lab Sains Data, Lab Analitik Data Bisnis dan Industri, hingga Ruang Baca Statistika tersedia untuk mahasiswa PRODI Statistika Adi Buana. "Belum lagi juga ada Laboratorium Terpadu, ada Lab Multimedia, juga ada taman-taman aesthetic di sekitar Adi Buana ini yang bisa dinikmati oleh mahasiswa" tambah Kaprodi Statistika yang akrab disapa dengan Bu Rina ini.

PRODI Statistika Adi Buana sendiri masih membuka pendaftaran mahasiswa baru T.A. 2022-2023 ini hingga 31 September 2022. Calon Mahasiswa Baru sendiri tidak perlu risau akan berbagai halangan terkait pembiayaan, hal ini dikarenakan Adi Buana menyediakan berbagai macam kemudahan yang bisa dijangkau oleh mahasiswa. Mulai dari Promo Potongan Biaya Pendaftaran hingga 50%, Beasiswa Prestasi, Beasiswa Edukasi, Beasiswa KIP-K, hingga Potongan biaya Herregistrasi sampai 2 Juta Rupiah bagi para Guru, Anak Guru/Tendik/Alumni Adi Buana dan para alumni SMA ITP Surabaya.

Segera Raih masa depan optimal bersama Program Studi Statistika Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

The Future is Yours.



Connect with us:


Copyright © 2021 by Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Seluruh Isi Web Dilindungi Hak Cipta.

  • SPP
  • PPMB
  • Akademik
  • Kemahasiswaan