opini

June 27, 2022

“Transformasi Learning University dalam Mempersiapkan Lulusan yang Kreatif, Inovatif, dan Berkarakter”. Tantangan Universitas saat ini adalah menghadapi dinamika Perkembangan Abad ke-21. Munculnya Revolusi Industri 4.0 dan society 5.0 sebagai super smart society, serta perkembangan sains dan teknologi dalam berbagai aspek kehidupan, berdampak pada tuntutan kompetensi para wisudawan saat ini. Universitas tidak hanya berperan dalam mentransfer ilmu pengetahuan, tetapi juga menghasilkan lulusan yang dapat mengaplikasikan ilmu pengetahuan di lingkungan masyarakat secara komprehensif. Selanjutnya dalam hal ini, lulusan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya diharapkan, tidak hanya memiliki pengetahuan terhadap bidang keilmuannya, namun juga memiliki regulasi diri dan keterampilan dalam beradaptasi terhadap perubahan dan perkembangan IPTEKS yang sangat pesat.

Tantangan yang dihadapi Pendidikan Tinggi pada masa revolusi global dewasa ini antara lain adalah: (a) Sumber daya manusia yang berkualitas tinggi diperlukan untuk mendorong pendidikan menjawab berbagai tantangan baru yang muncul akibat globalisasi; (b) High capacity of management yang intinya profesionalisme yang diperlukan untuk meningkatkan kapasitas manajemen untuk bersaing di pasar global; (c) Internasionalisasi sebagai akibat terbukanya perguruan tinggi dan sebagai akibat networking yang dibangun oleh perguruan tinggi; dan (d) Daya saing global yang masuk ke dunia pendidikan tinggi, maka untuk dapat memosisikan lembaga Pendidikan Tinggi,sejajar dengan perguruan tinggi dunia, maka diperlukan berbagai perubahan dan strategi dalam meningkatkan kualitas (Gaffar, 2004).

Penerapan transformasi learning University merupakan salah satu pilar penting dalam kemajuan pendidikan di Indonesia. Dalam upaya membangun sumber daya manusia yang berkualitas, perguruan tinggi dituntut untuk adaptif dengan perkembangan zaman. Karena saat ini, tidak dapat dipungkiri lagi, bahwa persaingan dunia pekerjaan terbilang sangat ketat. Apabila lulusan tidak memiliki bekal yang cukup, maka ia tidak akan bisa bekerja di mana pun. Jadi, secara individual, lulusan di sini memang dituntut untuk aktif dalam mencari pengalaman.

Selain itu, data Balai Pusat Statitsik bulan Februari 2021, hampir satu juta sarjana tercatat menganggur setelah lulus (Rizka, 2022). Dari data tersebut, kita dapat mengetahui bahwa masalah ini memang cukup serius dan perlu perhatian lebih. Berdasarkan fenomena tersebut, Universiats PGRI Adi Buana Surabaya saat ini sangat optimis dan berkomitmen untuk menghadapi tantangan tersebut. Universiats PGRI Adi Buana Surabaya saat ini juga menerapkan transformasi Learning University dengan Excellent Teaching University, yaitu mengedepankan proses pembelajaran yang unggul.

Transformasi Learning University yang di lakukan Universiats PGRI Adi Buana Surabaya saat ini yaitu melakukan pengembangan di bidang pendidikan dan pengajaran dengan selalu berinovasi dan menciptakan suasana Blended Learning dan/atau Hybrid Learning, serta memberikan pembekalan kepada mahasiswa melalui kegiatan ekstra di luar perkulihan, seperti Unit Kegiatan Mahasiswa dan pengembangan diri yang bertujuan untuk memberikan bekal kepada mahasiswa.

Selanjutnya, dalam menerapkan transformasi Learning University yang di lakukan oleh Universiats PGRI Adi Buana Surabaya yaitu menerapkan program Kemendikbudristek yaitu Merdeka Belajar Kampus Merdeka, dalam hal ini memastikan lulusan perguruan tinggi berkualitas dan mampu terserap dalam dunia kerja ataupun menjadi wirausaha yang membuka lapangan pekerjaan. Agar lulusan pendidikan tinggi berkualitas, dibutuhkan dukungan dosen berkualitas yang memiliki paparan terhadap perkembangan dunia luar kampus, seperti dunia usaha atau industri. Dengan demikian, perguruan tinggi semakin memberikan pembelajaran yang relevan bagi mahasiswa.

Lulusan perguruan tinggi, khususnya Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, diharapkan dapat mengembangkan hard skills yang baik serta menguasai kemampuan soft skill sehingga mempunyai kesempatan bekerja yang lebih tinggi. Kedua kemampuan tersebut akan membuat lulusan lebih mudah memenangkan persaingan dalam dunia kerja, lebih cepat beradaptasi, dan akhirnya mencapai kesuksesan dalam karier. Perusahaan atau instansi, sebagai tujuan para lulusan, hari ini merupakan akses untuk memasuki dunia kerja yang memiliki kebutuhan berbeda-beda. Oleh karena itu, para lulusan (wisudawan-wisudawati) harus mempunyai kemampuan yang seimbang antara kemampuan hard skills dan keterampilan soft skills sehingga mampu memenuhi kriteria yang dibutuhkan dalam dunia pekerjaan.

Oleh: Dr. Reza Rachmadtullah, M.Pd.

 



Connect with us:


Copyright © 2021 by Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Seluruh Isi Web Dilindungi Hak Cipta.

  • Akademik
  • SPP
  • PMB