opini

May 28, 2022

Surabaya – UKM, Hobi, Mahasiswa. Tiga kata yang memang saya penggal-penggal agar bisa memberikan penegasan bahwa ketiganya saling berhubungan. Mahasiswa yang berkategori usia menjelang dewasa dengan tingkat kematangan yang memang harus dibina dengan baik, pasti memiliki kegemaran, kesenangan yang istilahnya dalam KBBI yaitu Hobi.

Seperti dilansir dalam berita Metropolis Jawa Pos, Jum’at (27/5/2022) bahwa kegemaran atau hobi adik-adik mahasiswa mampu menyuguhkan pameran bertajuk New Journey. UKM Delphy yang kebetulan diwariskan dan dititipkan kepada saya, sudah menjadi organisasi mahasiswa yang sudah mapan. Konsentrasi Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) terdiri atas empat bidang, yaitu; Fotografi, Videografi, Modeling dan Desain.

Entahlah, kami mengalir saja. Saya tidak pernah mendoktrin kepada UKM untuk selalu begini dan begitu. Mereka melihat saya juga dari pertimbangan hobi yang saya tekuni. Ada yang bilang kita satu Server. Saya hanya berpedoman pada SK Mendikti nomor 155/U/1998 bahwa Organisasi kemahasiswaan intra perguruan tinggi adalah wahana dan sarana pengembangan diri mahasiswa ke arah perluasan wawasan dan peningkatan kecendekiawanan serta integritas kepribadian untuk mencapai tujuan pendidikan tinggi.

Integritas kepribadian, hal ini yang sangat saya kunci. Ketika berbicara integritas disana ada kejujuran, konsistensi, kewibawaan yang semuanya bermuara pada moral. Ketika berbagai macam hobi dan peminatan mahasiswa, tidak diwadahi dalam organisasi yang baik, maka harapannya untuk mencapai peningkatan kecendekiawanan mahasiswa juga tidak tercapai.

Konsep New Journey yang ditampilkan dalam pameran tersebut, memang penggambaran perjalanan insan manusia untuk dapat menambah Value (Nilai). Tidak sekedar makan untuk hidup, belajar untuk sukses. Banyak hal yang berkaitan dengan itu. Mahasiswa diberikan kebebasan untuk mengeksplor, sepanjang dapat menambah perluasan wawasan.

UKM Delphy, melihat unsur kata Delphi yang jika diambil dari berbagai sumber merupakan Lingkungan Pengembangan Terpadu, berharap organisasi mahasiswa ini merupakan pusat Think Tank, kumpulan orang-orang yang berpikir. Menggunakan Daya, Asa dan jiwa Art-nya untuk berkarya. Karena UKM ini berada pada lingkungan kampus, maka tidak terlepas dari konsep riset dan pengabdian. Artinya lakukanlah hobi yang didasarkan pada hasil penelitian, agar kemanfaatan hasil karya itu dapat diabdikan penggunaanya pada masyarakat.(*)

*) Penulis : Yitno Utomo / Pembina UKM Delphy

 



Connect with us:


Copyright © 2021 by Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Seluruh Isi Web Dilindungi Hak Cipta.

  • Akademik
  • SPP
  • PMB