opini

January 25, 2022

Miskonsepsi bahwa Ikut Organisasi sama dengan Molor Kuliah cukup sering dijumpai. Anggapan mahasiswa yang tidak bisa berkonsentrasi di bangku kuliah dikarenakan terbagi fokusnya dengan organisasi cukup sering muncul. Tak jarang stereotip inilah yang membuat para mahasiswa baru menjadi ragu untuk bergabung dengan kegiatan organisasi yang ditawarkan kepada mereka, entah itu dari lingkup Program Studi, Fakultas, hingga juga Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

Namun, sebenarnya tidak sedikit pula kakak-kakak mahasiswa kita yang ikut Organisasi baik itu Hima/Ukm/Senat mahasiswa yang juga berhasil berprestasi. Tips-tips ini bisa kalian ikutin kalau tetap mau keeping up sama prestasi disaat juga aktif berorganisasi.

1. Membuat Skala Prioritas, penting untuk tahu mana yang harus dilakukan terlebih dahulu dalam 1x24 jam.
2. Konsisten, Setelah punya skala prioritas, tentu kita harus konsisten ya agar skala tersebut bisa kita rasakan manfaatnya.
3. Pilih Organisasi yang Tepat, artinya organisasi yang bisa menunjang passion, hobi, bahkan bisa sesuai dengan Tujuan capaian pribadi kalian.
4. Hindari Prokrastinasi, menunda-nunda pekerjaan untuk melakukan hal lain akan bikin kewajiban numpuk lho.
5. Disiplin pada Waktu, 1 sampai 5 menit dalam hidup kalian bisa berharga banget, hindari membuang-buang waktu untuk hal yang tidak berguna ya.
6. Pikirkan tujuan kuliah, Meskipun ada prestasi yang harus dicapai tapi kampus juga menyediakan fasilitas berupa organisasi yang bisa diikuti.
7. Menjaga komunikasi, tetap keep in touch dengan grup kelas ataupun grup organisasi baik via daring atau luring, bisa bikin kehidupan sosial kalian menjadi lebih optimal.
8. Hindari Useless Activity, nongkrong sih boleh tapi saat ada kerjaan lain yang lebih penting? Tentu kalian tahu apa yang mesti diprioritaskan bukan?.
9. Menetapkan Target, pada akhirnya kalian harus tahu Target apa aja yang ingin kalian capai dalam 8 semester berkuliah, buatkan Checklist impian kalian semasa kuliah.
10. Membuat perencanaan, dari target tersebut, breakdown lagi dong step apa yang dibutuhkan agar target tersebut tercapai dan kapan bisa dicapai.

Dengan beberapa tips di atas, tentu kita semua berharap Organisasi dan Prestasi di bangku kuliah bisa sama-sama optimal. Don't be worry, kakak-kakak alumni yang saat ini sudah berprofesi dengan profesional juga banyak yang dulunya adalah aktivis di kampus lho.

Semangat PAGI!

penulis & konten : dmteamadibuana

 



Connect with us:


Copyright © 2021 by Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Seluruh Isi Web Dilindungi Hak Cipta.

  • Akademik
  • SPP
  • PMB