PROFILE
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN OLAHRAGA PROGRAM MAGISTER PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA
A. Legalitas dan Rancangan
1. Legalitas
Legalitas Program Studi Pendidikan Olahraga mengacu pada Peraturan Perundang-undangan sebagai berikut :
a. Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi,
b. Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi, dan
c. Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 95 Tahun 2014 tentang Pendirian dan Perubahan Program Studi, dan legalitas itu didasarkan pada status lembaga penyelenggara yang didasarkan pada Kemen. KUMHAM No. AHU-00719.60.10.2014 tentang Pengesahan Pendirian Badan Hukum Perkumpulan Pembina Lembaga Pendidikan Perguruan Tinggi Persatuan Guru Republik Indonesia Surabaya. SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 47/D/O/1998 tentang Penggabungan (Meger) Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Surabaya di Surabaya dan Sekolah Tinggi Teknik Lingkungan (STTL) terjadi Perubahan bentuk menjadi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya di Surabaya Tanggal 23 Juni 1998, Keputusan Perkumpulan Pembina Lembaga Pendidikan Perguruan Tinggi PGRI Surabaya No. 185/PPLP PT PGRI SBY/U/VI/2015 Tentang Statuta Universitas PGRI Adi Buana Surabaya Tanggal 20 Desember 2014, Rencana Induk Pengembangan (RIP) ditetapkan 20 Desember 2014, dan Rencana Strategis di tetapkan di Surabaya pada tanggal 20 Desember 2014.
Berdasarkan legalitas di atas, maka Program Pascasarjana Universitas PGRI Adi Buana Surabaya mengusulkan Pendirian Program Studi Pendidikan Olahraga tepatnya pada tanggal 13 September 2016 telah disetujui dan berdiri Program Studi Pendidikan Olahraga Program Magister Pascasarjana dengan Surat Keputusan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Tentang Pembukaan Program Studi Pendidikan Olahraga Program Magister Pada Universitas PGRI Adi Buana Surabaya Nomor : 392/KPT/I/2016 Tertanggal 13 September 2016.
Program Magister Pendidikan Olahraga Pascasarjana Universitas PGRI Adi Buana Surabaya memunyai komitmen untuk meningkatkan sumber daya manusia akademis sebagai agent of change, karena melalui perannya yang sangat strategis di bidang pendidikan, maka upaya memercepat peningkatan daya saing bangsa baik secara komparatif maupun kompetitif (comparative and competitice advance) dalam rangka pembangunan pendidikan dan menghadapi tantangan Era Global khususnya dibidang pendidikan.
Memerhatikan perkembangan dunia pendidikan yang selaras dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi maka Program Studi Pendidikan OLahraga memiliki peran dalam upaya meningkatkan status sumber daya manusia secara akademis, oleh karena itu perlu ditetapkan Visi dan Misi yang mengacu pada terwujudnya secara gradual mengarah pada Entrepreneur University dengan memadukan perkembangan dan perubahan yang terjadi di masyarakat melalui kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang inovatif, bermutu dan bermartabat dengan diwarnai nilai-nilai karakter Semangat PAGI (Peduli, Amanah, Gigih dan Inovatif).
B. Rancangan
Program Studi Pendidikan Olahraga merupakan manifestasi dari Rencana Induk Pengembangan yang dioperasionalkan dalam Renstra Univeritas dan Program Pascasarjana, dimana rancangan tersebut didasarkan pada Strategi Jangka Panjang dan Jangka Menengah dalam pengembangannya mengacu pada Research University. Oleh karena itu, Program Studi Pendidikan Olahraga dirancang sebagai program Pengembangan sport science Education yang berteknologi Desain dan Model Pembelajaran Pendidikan Olahraga.
Secara diagram rancangan program studi output dan outcome dipaparkan sebagai berikut:
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN OLAHRAGA
PROGRAM MAGISTER PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA
Diagram 1.1 Rancangan Program Studi S2 Pendidikan Olahraga
Program Studi S2 Pendidikan Olahraga Universitas PGRI Adi Buana Surabaya merancang input calon mahasiswa menjadi dua kategori yaitu program regular yang berasal dari lulusan S1 Olahraga (fresh graduate) terutama alumni Universitas PGRI Adi Buana Surabaya dan alumni berbagai Program studi olahraga lainnya di Indonesia bagian Timur khususnya di Jawa Timur. Kategori kedua yaitu non regular yang berasal dari lulusan S1 Olahraga yang sudah mengabdikan ilmunya di masyarakat sebagai guru Penjasorkes, pelatih berbagai cabang Olahraga, instruktur olahraga dan staf Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan (Dispora) serta instansi lainnya.
Proses pembelajaran yang berlangsung selama 4 semester tersusun pada stuktur kurikulum yang berlandaskan pada penerapan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi pendidikan olahraga dan memiliki pengetahuan yang luas dalam bidang metodologi dan statistika yang menunjang pelaksanaan penelitian. Program Studi Pendidikan Olahraga juga menekankan pada mahasiswa untuk memiliki kemampuan berkompetisi dalam membuat desain dan model pembelajaran Pendidikan Olahraga.
VISI
Menjadikan Program Studi Pendidikan Olahraga Unggul yang menghasilkan Pendidik Profesional dan Berkarakter "PAGI"
MISI
E. TUJUAN
F. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (Program Learning Outcomes )
G. STRATEGI
1. Strategi Proses Pembelajaran Pendidikan OLahraga mengacu pada Model Blended Learning, yang meliputi:
a. Tatap muka (Kuliah/Praktikum, Tugas, Proyek, Presentasi/Diskusi)
b. Sistem Online (E-learning)
2. Materi/Resources online, Quiz/assigment, Video conference, Forum Diskusi/Chat )
3. Pengalaman Lapangan (Praktek Membuat Desain dan Model Pembelajaran, Study Banding, dan Penelitian)
H. GELAR AKADEMIK
Lulusan Program Studi Pendidikan Olahraga Program Magister Pascasarjana Universitas PGRI Adi Buana Surabaya adalah “Magister Pendidikan ” (M.Pd) yang memiliki Spesifikasi “Pengembangan Desain dan Model Pembelajaran Pendidikan Olahraga (“Sports Education Learning Model and Desain Developer.”)
I. KOMPETENSI LUARAN
J. FOKUS KEPENDIDIKAN
K. KURIKULUM PROGRAM STUDI PENDIDIKAN OLAHRAGA PROGRAN PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA
SEMESTER I
Kode |
Mata Kuliah |
SKS |
Filsafat Ilmu |
2 |
|
Etika Profesi Pendidikan |
2 |
|
Statistik |
2 |
|
Belajar dan Analisis Motorik |
2 |
|
Pertumbuhan dan Perkembangan Motorik |
2 |
|
Teori Belajar dan Pembelajaran Olahraga |
2 |
|
|
Landasan Pendidikan Olahraga |
2 |
14 |
SEMESTER II
Kode |
Mata Kuliah |
SKS |
Metodologi Penelitian |
2 |
|
Teknologi Kinerja Manusia dan Manajemen Pelatihan |
2 |
|
Psikososio Organisasi Olahraga |
2 |
|
Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Olahraga |
2 |
|
Fisiologi Olahraga |
2 |
|
Ilmu Kesehatan dan Kebugaran Jasmani |
2 |
|
Ilmu Gizi Olahraga |
2 |
|
Jumlah |
14 |
SEMESTER III
Kode |
Mata Kuliah |
SKS |
Pengembangan Desain dan Model Pembelajaran Olahraga |
2 |
|
Psikologi Olahraga |
2 |
|
Biomekanika Olahraga |
2 |
|
Evaluasi Pendidikan Jasmani dan Olahraga |
2 |
|
Seminar Proposal |
0 |
|
Jumlah |
8 |
SEMESTER IV
Kode |
Mata Kuliah |
SKS |
Tesis |
6 |
|
Bahasa Inggris (Toefl) |
0 |
|
Study Luar Negeri |
0 |
|
Seminar Internasional |
0 |
|
Jumlah |
6 |
|
TOTAL SKS |
42 |
Kode |
Mata Kuliah Matrikulasi |
Keterangan |
Pengantar dan Problematika PENJASOR |
Tugas: Makalah & Presentasi |
|
Jumlah |
0 SKS |
KURIKULUM PROGRAM STUDI S-2 PENDIDIKAN OLAHRAGA
PROGRAM MAGISTER PASCASARJANA UNIVERSITAS
PGRI ADI BUANA SURABAYA
KURIKULUM MATA KULIAH PENDIDIKAN OLAHRAGA |
SKS |
SEMESTER |
||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
|||||
I |
Mata Kuliah Umum (6 SKS) |
|||||||
|
Filsafat Ilmu |
2 |
x |
- |
- |
- |
||
|
Metodologi Penelitian |
2 |
- |
x |
- |
- |
||
|
Etika Profesi Kependidikan |
2 |
x |
- |
- |
- |
||
Jumlah SKS |
6 |
4 |
2 |
- |
- |
|||
II |
Mata Kuliah Komponen Dasar Keilmuan (8 SKS) |
|||||||
|
Landasan Pendidikan Olahraga |
2 |
x |
- |
- |
- |
||
|
|
Psikososio Organisasi Olahraga |
2 |
x |
|
|
|
|
|
|
Statistika |
2 |
x |
- |
- |
- |
|
|
|
Teori Belajar dan Pembelajaran Olahraga |
2 |
- |
x |
- |
- |
|
|
|
Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Olahraga |
2 |
- |
x |
- |
- |
|
|
|
10 |
6 |
4 |
|
|||
III |
Mata Kuliah Keahlian I (16 SKS) |
|||||||
|
Evaluasi Pendidikan Jasmani dan Olahraga |
2 |
- |
|
x |
- |
||
|
Belajar dan Analisis Motorik |
2 |
x |
- |
- |
- |
||
|
Psikologi Olahraga |
2 |
- |
|
x |
- |
||
|
Fisiologi Olahraga |
2 |
- |
x |
- |
|||
|
Biomekanika Olahraga |
2 |
- |
- |
x |
- |
||
|
Ilmu Kesehatan dan Kebugaran Jasmani |
2 |
- |
x |
- |
- |
||
|
Pertumbuhan dan Perkembangan Motorik |
2 |
x |
- |
- |
- |
||
|
Ilmu Gizi Olahraga |
2 |
- |
x |
- |
- |
||
|
|
16 |
4 |
6 |
6 |
|
||
IV |
Mata Kuliah Keahlian II (4 SKS) |
|||||||
|
Pengembangan Desain dan Model Pembelajaran Olahraga |
2 |
- |
- |
x |
- |
||
|
Teknologi Kinerja Manusia dan Manajemen Pelatihan |
2 |
- |
x |
- |
- |
||
|
|
|
4 |
|
2 |
2 |
- |
|
V |
Tesis (6 SKS) |
|||||||
|
Seminar Proposal |
0 |
- |
- |
x |
- |
||
|
Tesis |
6 |
- |
- |
- |
x |
||
|
6 |
- |
- |
|
|
|||
|
|
42 |
14 |
14 |
8 |
6 |
||
VI |
Mata Kuliah Penunjang ( 0 SKS ) Wajib |
|
||||||
|
Bahasa Inggris (Toefl) |
- |
- |
- |
- |
x |
||
|
|
Seminar Internasional
|
- |
- |
- |
- |
x |
|
|
|
Study Luar Negeri
|
- |
- |
- |
- |
x |
|
STAF PENGAJAR TETAP
No. |
Nama |
Lembaga |
Bidang Keahlian |
---|---|---|---|
1. |
Prof. Drs. H. Cholik Muthohir, Ph.D |
UNESA |
1. Metodologi Olahraga 2. Evaluasi Pendidikan Olahraga |
2. |
Prof. Dr. H. Hari Setiono, M.Pd |
UNESA |
1. Motor Learning 2. Fisiologi Olahraga 3. Pertumbuhan dan Perkembangan Motorik |
3. |
Prof. Dr. H. Nurhasan, M.Kes |
UNESA |
1. Psikososio Organisasi Olahraga |
4. |
Prof. Dr. H. Ali Maksum, M.Si |
UNESA |
1. Psikologi Olahraga |
5. |
Prof. Dr. H. Winarno, M.Pd |
UM |
1. Pengembangan Desain dan Model Pembelajaran Olahraga |
6. |
Prof. Dr. Made Sriundi, M.Pd |
UGM |
1. Evaluasi Pendidikan Olahraga |
7. |
Prof. Dr. drg. Soetanto Hartono, PhD. |
UNESA |
1. Ilmu Kesehatan dan Kebugaran Jasmani |
8. |
Prof. Dr. H. Iskandar Wiryokusumo, M.Sc |
UNIPA |
1. Filsafat Ilmu 2. Teknologi Kinerja Manusia dan Manajemen Pelatihan |
9. |
Dr. H. Djoko Adi Walujo, ST., MM |
UNIPA |
1. Filsafat Ilmu 2. Teknologi Kinerja Manusia dan Manajemen Pelatihan |
10. |
Prof. Dr. H. Gempur Santoso, M.Kes |
UNIPA |
1. Ilmu Gizi Olahraga |
11. |
Dr. M. Subandowo, MS. |
UNIPA |
1. Statistika 2. Metodologi Penelitian 3. Teknologi Kinerja Manusia dan Manajemen Pelatihan |
12. |
Dr. H. Harwanto, ST.,M.Pd |
UNIPA |
1. Landasan Pendidikan Olahraga 2. Psikologi Olahraga 3. Teori Belajar dan Pembelajaran Olahraga 4. Pengembangan Desain dan Model Pembelajaran Olahraga |
13. |
Dr. M. Muhyi Faruq, M.Pd |
UNIPA |
1. Belajar dan Analisis Motorik 2. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Olahraga |
14. |
Dr. Abd. Cholid, M.Pd |
UNIPA |
1. Psikososio Organisasi Olahraga 2. Ilmu Gizi Olahraga |
15. |
Dr. H. Rufii, ST., S.Si., M.Pd |
UNIPA |
1. Statistika Olahraga 2. Metodologi Penelitian 3. Evaluasi Pendidikan Olahraga |
16. |
Dr. H. Ibud Priono Leksono, M.Pd |
UNIPA |
1. Teori Belajar dan Pembelajaran Olahraga 2. Landasan Pendidikan Olahraga |
17. |
Dr. Hari Karyono, M.Pd |
UNIPA |
1. Etika Profesi Kependidikan (Sport Leadership Supervition) 2. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Olahraga |
18. |
Dr. Yoso Wiyarno, M.Kes |
UNIPA |
1. Belajar dan Analisis Motorik 2. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Olahraga 3. Ilmu Kesehatan dan Kebugaran Jasmani |
19. |
Dr. Ach. Noor Fatirul, ST., M.Pd |
UNIPA |
1. Teori Belajar dan Pembelajaran Olahraga |
20. |
Dr. Ujang Rohman, M.Kes |
UNIPA |
1. Fisiologi Olahraga 2. Biomekanika Olahraga |
21. |
Dr. Sumardi, M.Kes |
UNIPA |
1. Pertumbuhan dan Perkembangan Motorik |
22. |
Dr. Suryaman, M.Pd |
UNIPA |
1. Etika Profesi Kependidikan (Sport Leadership and Supervition) 2. Teknologi Kinerja Manusia dan Manajemen Pelatihan
|
23 |
Dr. Soetjipto |
Unipa |
1. Biomekanika Olahraga |
Alamat Sekretariat
Kampus I Unipa, Surabaya Jl. Ngagel Dadi III-b/ 37 Surabaya
Kampus II UNIPA Surabaya Jl. Dukuh Menanggal XII No. 4 Surabaya
Program Studi Magister Pendidikan Olahraga Pascasarjana Universitas PGRI ADI BUANA SURABAYA (S2) Proses usulan penerbitan jurnal Pendidikan Olahraga pada semester Ganjil 2017-2018, bernama Jurnal Sport Education (Spirit Sported) dan E-jurnal untuk Jurnal Sport Physical Education masih dalam proses pembuatan.
JADWAL KULIAH PENOR ANGKATAN 2106-2 (SMT 1) TAHUN AKADEMIK 2016/2017 (MASUK SEMESTER GENAP
SEMESTER 1
NO |
MATA KULIAH |
DOSEN |
SKS |
TM |
1 |
Belajar & Analisis Motorik |
1. Dr. M. Muhyi Faruq 2. Dr. Yoso Wiyarno |
2 |
8 6 |
2 |
Etika Profesi Pendidikan |
1. Dr. Hari Karyono 2. Dr. Suryaman |
2 |
8 6 |
3 |
Landasan Pendidikan Olahraga |
1. Dr. Harwanto 2. Dr. Ibut Priono L. |
2 |
8 6 |
4 |
Statistika |
1. Dr. Subandowo 2. Dr. Rufi’i |
2 |
8 6 |
5 |
Filsafat Ilmu |
1. Prof. Dr. Iskandar WK. 2. Dr. Djoko Adi Walujo |
2 |
8 6 |
6 |
Sosiologi Olahraga |
1. Prof. Dr. Nurhasan 2. Dr. Abd. Cholid |
2 |
8 6 |
7 |
Pertumb. & Perkemb. Motorik |
1. Prof. Dr. Hari Setiono 2. Dr. Harwanto |
2 |
8 6 |
|
Jumlah sks |
14 |
|
SEMESTER 2
NO |
MATA KULIAH |
DOSEN |
SKS |
TM |
1 |
Teknologi Kinerja Manusia dan Manajemen Pelatihan |
1. Prof. Dr. Iskandar WK. 2. Dr. Subandowo |
2 |
8 6 |
2 |
Metodologi Penelitian |
1. Dr. Subandowo 2. Dr. Rufi’i |
2 |
8 6 |
3 |
Teori Belajar dan Pembelajaran Olahraga |
1. Dr. Harwanto 2. Dr. Ibut Priono L. |
2 |
8 6 |
4 |
Perencanaan & Pengembangan Kurikulum Olahraga |
1. Dr. M. Muhyi Faruq 2. Dr. Yoso Wiyarno |
2 |
8 6 |
5 |
Fisiologi Olahraga |
1. Prof. Dr. Hari Setiono 2. Dr. Harwanto |
2 |
8 6 |
6 |
Ilmu Kesehatan dan Kebugaran Jasmani |
1. Prof. Dr. Soetanto H. 2. Dr. Yoso Wiyarno |
2 |
8 6 |
7 |
Ilmu Gizi Olahraga |
1. Prof. Dr. Gempur S. 2. Dr. Abd. Cholid |
2 |
8 6 |
|
Jumlah sks |
14 |
|
SEMESTER 3
NO |
MATA KULIAH |
DOSEN |
SKS |
TM |
1 |
Pengembangan Desain dan Model Pembelajaran Olahraga |
1. Prof. Dr. Winarno 2. Dr. Harwanto |
2 |
8 6 |
2 |
Psikologi Olahraga |
1. Prof. Dr. Ali Maksum 2. Dr. Harwanto |
2 |
8 6 |
3 |
Biomekanika Olahraga |
1. Prof. Dr. Hari Setiono 2. Dr. Ujang Rohman |
2 |
8 6 |
4 |
Evaluasi Pendidikan Olahraga |
1. Prof. Dr. Made Sriundi 2. Dr. Rufi’i |
2 |
8 6 |
|
Jumlah sks |
8 |
|
SEMESTER 4
NO |
MATA KULIAH |
DOSEN |
SKS |
TM |
1 |
TESIS |
TIM |
6 |
|
2 |
SEMINAR PROPOSAL |
TIM |
0 |
|
3 |
SEMINAR HASIL PENELITIAN |
TIM |
0 |
|
4 |
BHS. INGGRIS (TOEFL) |
UJI KOMPETENSI |
0 |
|
|
Jumlah sks |
6 |
|
SURABAYA, ……….,………………. 2018
KAPRODI PENOR,
DR. HARWANTO, ST., M.PD
JADWAL KULIAH PENOR ANGKATAN 2017-1 (SMT 1) TAHUN AKADEMIK 2017/2018 (MASUK SEMESTER GASAL)
SEMESTER 1
NO |
MATA KULIAH |
DOSEN |
SKS |
TM |
1 |
Belajar & Analisis Motorik |
1. Dr. M. Muhyi Faruq 2. Dr. Yoso Wiyarno |
2 |
8 6 |
2 |
Etika Profesi Pendidikan |
1. Dr. Hari Karyono 2. Dr. Suryaman |
2 |
8 6 |
3 |
Teori Belajar dan Pembelajaran Olahraga |
1. Dr. Harwanto 2. Dr. Ach. Noor Fatirul |
2 |
8 6 |
4 |
Statistika |
1. Dr. Subandowo 2. Dr. Rufi’i |
2 |
8 6 |
5 |
Filsafat Ilmu |
1. Dr. Djoko Adi Walujo 2. Dr. Gatot Gunarso |
2 |
8 6 |
6 |
Psikososio Olahraga |
1. Prof. Dr. Nurhasan 2. Dr. Abd. Cholid |
2 |
8 6 |
7 |
Pertumb. & Perkemb. Motorik |
1. Prof. Dr. Hari Setiono 2. Dr. Harwanto |
2 |
8 6 |
|
Jumlah sks |
14 |
|
SEMESTER 2
NO |
MATA KULIAH |
DOSEN |
SKS |
TM |
1 |
Teknologi Kinerja Manusia dan Manajemen Pelatihan |
1. Prof. Dr. Iskandar WK. 2. Dr. Subandowo |
2 |
8 6 |
2 |
Metodologi Penelitian |
1. Dr. Subandowo 2. Dr. Rufi’i |
2 |
8 6 |
3 |
Landasan Pendidikan Olahraga |
1. Dr. Harwanto 2. Dr. Ibut Priono L. |
2 |
8 6 |
4 |
Perencanaan & Pengembangan Kurikulum Olahraga |
1. Dr. M. Muhyi Faruq 2. Dr. Yoso Wiyarno |
2 |
8 6 |
5 |
Fisiologi Olahraga |
1. Prof. Dr. Hari Setiono 2. Dr. Harwanto |
2 |
8 6 |
6 |
Ilmu Kesehatan dan Kebugaran Jasmani |
1. Prof. Dr. Soetanto H. 2. Dr. Yoso Wiyarno |
2 |
8 6 |
7 |
Ilmu Gizi Olahraga |
1. Prof. Dr. Gempur S. 2. Dr. Abd. Cholid |
2 |
8 6 |
|
Jumlah sks |
14 |
|
SEMESTER 3
NO |
MATA KULIAH |
DOSEN |
SKS |
TM |
1 |
Pengembangan Desain dan Model Pembelajaran Olahraga |
1. Prof. Dr. Winarno 2. Dr. Harwanto |
2 |
8 6 |
2 |
Psikologi Olahraga |
1. Prof. Dr. Ali Maksum 2. Dr. Harwanto |
2 |
8 6 |
3 |
Biomekanika Olahraga |
1. Prof. Dr. Hari Setiono 2. Dr. Ujang Rohman |
2 |
8 6 |
4 |
Evaluasi Pendidikan Olahraga |
1. Prof. Dr. Made Sriundi 2. Dr. Rufi’i |
2 |
8 6 |
|
Jumlah sks |
8 |
|
SEMESTER 4
NO |
MATA KULIAH |
DOSEN |
SKS |
TM |
1 |
TESIS |
TIM |
6 |
|
2 |
SEMINAR PROPOSAL |
TIM |
0 |
|
3 |
SEMINAR HASIL PENELITIAN |
TIM |
0 |
|
4 |
BHS. INGGRIS (TOEFL) |
UJI KOMPETENSI |
0 |
|
|
Jumlah sks |
6 |
|