PROGRAM STUDI MAGISTER (S2) TEKNOLOGI PENDIDIKAN
1. Perguruan Tinggi: UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA
2. Pelaksana Proses Pembelajaran:
3. Program diakreditasi oleh BAN: TERAKREDITASI A, BERDASARKAN SURAT KEPUTUSAN BAN-PT No. 2034/SK/BAN-PT/Akred/M/VI/2017. Berlaku: 20 Juni 2017 sampai dengan 20 Juni 2022. (https://banpt.or.id/direktori/prodi/pencarian_prodi.php)
4. Gelar lulusan: Magister Pendidikan (M.Pd)
5. Tanggal penyusunan: 18 November 2016
6. Strategi Pendidikan:
VISI
Menjadi program studi yang diunggulkan dan dapat diandalkan dalam memfasilitasi kebutuhan belajar warga masyarakat yang sesuai dengan perkembangan lingkungan dan teknologi pada tahun 2022.
MISI
Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang mengacu pada terwujudnya perguruan tinggi yang berbasis riset dan secara gradual mengarah pada enterprenuer university dengan memadukan perkembangan dan perubahan yang dilakukan masyarakat melalui kediatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang inovatif, bermutu, dan bermartabat.
TUJUAN
Menghasilkan tenaga ahli yang memiliki kemampuan dalam menerapkan ilmu dan pengetahuan ilmiah untuk memperbaiki sistem pembelajaran dalam rangka memecahkan masalah-masalah belajar, antara lain:
1) Mempunyai pemahaman yang komprehensif tentang hakekat keilmuan ilmu pendiidka dan perspektif yang visioner dan berkarakter SEMANGAT PAGI yang pada gilirannya akan menjadi landasan untuk mengembangkan bidang ilmu ini.
2) Mampu memahani secara komprehensif dan integratif landasan ilmiah ilmu pendidikan pada umumnya dan Teknologi Pendidikan pada khususnya.
3) Mampu merangkum secara koheren proses pendidikan yang secara obyektif terjadi di semua lingkungan kehidupan dan kemudian menyikapinya berdasarkan konsep-konsep Teknologi Pendidikan sehingga terjadi pemberdayaan proses pendidikan yang optimal.
4) Mampu meningkatkan profesionalisme Teknologi Pendidikan.
5) Mampu menerapkan pendekatan sistem dalam rangka pengembangan pembelajaran dan pelatihan.
6) Mampu menciptakan (creating): (a) rancangan pembelajaran,(b) produk-produk pembelajaran, (c) mampu menciptakan sistem pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat pengguna.
7) Mampu menggunakan berbagai sumber belajar, termasuk dalam aplikasi dan konsep.
8) Mampu melakukan proses pengelolaan yang terkait dengan tindakan: (a) memperkirakan (forecasting), (b) merencanakan (planning), (c) serta melakukan pemeriksaan (evaluation and supervision).
KOMPETENSI LULUSAN
CAPAIAN PEMBELAJARAN
Capaian Pembelajaran yang dirumuskan dalam Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS-TPI) dan disepakati pada Temu Kolegial di UNIVERSITAS LAMBUNGMANGKURAT Banjarmasin pada 14-17 Juli 2017 adalah sebagai berikut:
SIKAP
Magister S2 Program Studi Teknologi Pendidikan memiliki sikap:
1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religius;
2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
3. Berkonstribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat-berbangsa-bernegara dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
4. Berperan sebagai sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
5.Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan serta pendapat dan temuan orisinal orang lain;
6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedualian terhadap masyarakat dan lingkungan;
7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
9. Menunjukkan sikap tanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
10. Menginternalisasi semangat inovatif, kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan;
11. Menginternalisasi sikap apresiatif dan pedulu dalam pelestarian lingkungan hidup, seni dan nilai-nilai sosial budaya yang berkembang di masyarakat.
PENGETAHUAN
Magister S2 Program Studi Teknologi Pendidikan memiliki pengetahuan:
1. teori aplikasi teknologi pendidikan/pembelajaran berdasarkan kawasan teknologi pendidikan/pembelajaran;
2.teori aplikasi progarm pendidikan dan pelatihan (teknologi kinerja);
3.teori aplikasi dan konsep umum pengembangan kurikulum, pembelajaran, sumber belajar melalui pendekatan interdisipliner/multidisipliner;
4.teori aplikasi dan pengetahuan operasional lengkap riset dan pengembangan teknologi pendidikan/pembelajaran/pelatihan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, mendapat pengakuan nasional maupun internasional.
KETERAMPILAN UMUM
Magister S2 Program Studi Teknologi Pendidikan memiliki keterampilan umum:
1. mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis,sistematik, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil karyanya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis yang dipubikasikan tulisan dalam bentuk jurnal ilmiah yang terakreditasi;
2. mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya;
3. mampu menyusun ide, hasil pemikiran dan argumen saintifik secara bertanggungjawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikan melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;
4.mampu mengidentifikasi bidang keilmuwan yang menjadi obyek penelitiannya dan memosisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan inter atau multi disipliner;
5. mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian, analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;
6. mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;
7. mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri;
8. mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;
KETERAMPILAN KHUSUS
Magister S2 Program Studi Teknologi Pendidikan memiliki keterampilan khusus:
1. Menyelesaikan permasalahan pendidikan melalui kajian teknologi pendidikan/pembelajaran secara interdisipliner dan multidisipliner dengan memperhatikan faktor ekonomi, sosial kultural, teknologi komunikasi;
2. Melakukan pendalaman dan perluasan program pendidikan dan pelatihan untuk memberikan konstribusi orijinal dan teruji melalui riset dengan interdisiplin dan multidisipliner;
3. Memecahkan permasalahan kurikulum, pembelajaran, sumber belajar melalui pendekatan interdisipliner maupun multisipliner;
4. Memformulasikan dan memberikan masukan melalui riset dan mengembangkan teknologi pendidikan/pembelajaran/pelatihan.
STRUKTUR KURIKULUM
STRUKTUR KURIKULUM TAHUN 2017 PROGRAM STUDI MAGISTER TEKNOLOGI PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA
KODE |
KURIKULUM |
SKS |
SEMESTER |
||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
||||||||
A. MATA KULIAH UMUM |
|
||||||||||
2110001 |
Statistika |
2 |
2 |
|
|
|
|||||
2110003 |
Metodologi Penelitian |
3 |
|
3 |
|
|
|||||
2110005 |
Filsafat Ilmu dan Landasan Pendidikan |
2 |
2 |
|
|
|
|||||
B.MATA KULIAH DASAR KEAHLIAN |
|
||||||||||
2120003 |
Teori Belajar dan Konsep Mengajar |
3 |
3 |
|
|
|
|||||
2120005 |
Media Pembelajaran: Desain dan Produksi |
2 |
|
2 |
|
|
|||||
2120007 |
Problematik Pendidikan Bidang Studi 1 |
2 |
|
2 |
|
|
|||||
C. MATA KULIAH KEAHLIAN |
|
||||||||||
2130001 |
Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum* |
2 |
2 |
|
|
|
|||||
2130003 |
Organisasi Pusat Sumber Belajar |
2 |
|
|
2 |
|
|||||
2130013 |
Desain Pembelajaran: Teori dan Terapan |
3 |
|
3 |
|
|
|||||
2130014 |
Teknologi Pembelajaran |
2 |
2 |
|
|
|
|||||
2130015 |
Psikologi Pembelajaran |
2 |
2 |
|
|
|
|||||
2130016 |
Pengembangan Bahan Ajar |
3 |
|
|
3 |
|
|||||
2130017 |
Teknologi Kinerja |
2 |
|
2 |
|
||||||
2130018 |
Evaluasi Pembelajaran |
2 |
|
|
2 |
|
|||||
2130019 |
Praktek Lapangan: Produksi Media Pembelajaran |
2 |
|
|
2 |
||||||
|
D. MATA KULIAH KEAHLIAN BERKARYA |
|
|||||||||
2140001 |
Tesis |
6 |
|
|
|
6 |
|||||
2140002 |
Seminar Usulan |
2 |
|
|
2 |
|
|||||
|
JUMLAH SKS TOTAL |
42 |
13 |
12 |
9 |
8 |
DOKUMENTANSI KEGIATAN PROGRAM STUDI