Secondary Nav

Menu

Berita Kampus

PEMBUKAAN: Wakil Rektor III Drs Pungut Asmoro ST MT saat membuka acara kompetisi statistika ke8 di Gedung Sardjijo Kampus II Dukuh Menanggal Surabaya.

 

Surabaya- Program Studi Statistika, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya gelar kompetisi statistika ke-8 di Gedung Sardjijo Kampus II Unipa Dukuh Menanggal Surabaya. Kompetisi ini dibuka oleh Wakil Rektor III Drs Pungut Asmoro ST MT. Nampak hadir dipembukaan acara Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Dra Wara Pramesthi MSi, dan Ketua Program Studi Statistika Gangga Anuraga,  SSi MSi. Minggu, (18/11)

 

Menurut Gangga Kaprodi Statistika Unipa kompetisi yang rutin digelar setiap tahun ini untuk mensosialisasikan statistika ke masyarakat terutama pada siswa tingkat SMA sederajat agar lebih paham implementasi dari penggunaan statistik apalagi sekarang di era revolusi industri 4.0 mendekati pada kegiatan yang berbau digital. "Jadi, mereka sebagai generasi milenial harus melek apa yang disebut informasi teknologi.

 

"Di sini, statistik sangat penting sekali untuk dipahami sejak awal terutama untuk mengantisipasi pola perubahan yang begitu drastis, fungsi eksponensial menyatakan peningkatan bahwa generasi sekarang sangat cepat dalam menerima informasi, statistik sangat berkontribusi untuk melengkapi perkembangan ilmu pengetahuan tersebut, "terangnya.  

 

Kegiatan yang digelar ini merupakan sumbangsi prodi statistika Unipa Surabaya untuk lebih memasyarakatkan,  mensosialisasikan, dan mengembangkan apa manfaat statistika di era revolusi 4.0. Pada kesempatan ini, Gangga mengajak untuk melek data, melek informasi, dan mengelola data menjadi lebih bijak dan bermanfaat. 

 

 

Sementara itu, Yuni Mega Lestari koordinator acara mengungkapkan,  kompetisi babak awal dilakukan secara online melalui aplikasi. "Nah, sekarang tinggal babak semi final dan final saja yang dilakukan di kampus Unipa,  "terangnya. 

 

Ia mengatakan, di babak semi final ini diikuti sebanyak 94 tim dari 29 sekolah tingkat SMA/MA/SMK se-Jawa Jatim. "Di sini, peserta harus mengerjakan  sebanyak 20 soal pilihan ganda dalam waktu 45 menit, di penyaringan ini diambil 5 tim terbaik yang masuk final,"kata Mega. Ia menerangkan bahwa 5 tim terbaik akan beradu cepat tepat dan penalaran, pemenang I, II, III, harapan I dan II akan terlihat di babak ini. 

 

Di samping lomba para peserta juga diberi wawasan terkait ilmu statistika oleh Doni Rubiagatra Data Science Wilayah Jawa Timur melalui acara talkshow yang dilangsungkan di sela sesi lomba.  Vivian Azalia salah satu peserta dari SMAN 2 Nganjuk mengatakan, senang bisa sampai di tahap ini, usahanya belajar selama dua bulan tidak sia-sia. Dia berharap dirinya dan tim bisa lanjut sampai final supaya bisa membawa nama baik sekolahnya.  

 

 


  • Akademik
  • Humas