Secondary Nav

Menu

Berita Kampus

 

 

Surabaya- Mahasiswa PPG Pra-Jabatan Bersubsidi 2018, Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Surabaya tengah melakukan kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar "Penggalang" bekerja sama dengan Pramuka Racana Dharma Pandu (RDP) dan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur. Sabtu, (17/11).

 

Dr Agung Pramujiono MPd Koordinator Program PPG Unipa  mengatakan, kegiatan ini diikuti 44 mahasiswa, antara lain 21 dari mata pelajaran (mapel) Pendidikan Bahasa Indonesia dan 23 dari mapel Bimbingan dan Konseling (BK). "Dalam kurikulum PPG Prajabatan mahasiswa wajib mengikuti tiga kegiatan, yakni bela negara, KMD dan LKMM, di samping kegiatan kehidupan bermasyarakat,"ungkapnya.

 

"Nah, kegiatan yang sudah terlaksana adalah bela negara diharapkan mahasiswa semakin memiliki wawasan kebangsaan, karakter patriotisme, disiplin dan bertanggung jawab,"kata Agung. Ia juga berharap setelah mengikuti KMD mahasiswa semakin memiliki kemantapan mental, memiliki kesiapan psikis, dan perubahan perilaku karena di kegiatan pramuka menanamkan nilai-nilai positif.

 

 

Kegiatan ini dibuka oleh Dr Sunyoto Hadi Prayitno MPd Pembina Pramuka RDP Unipa. Pada kesempatan ini, Sunyoto mengajak para peserta untuk serius dan tidak main-main dalam mengikuti setiap kegiatan KMD. "Hal tersebut dikarenakan agar tujuan dari kegiatan bisa tercapai sehingga bisa melahirkan calon pembina yang andal, terampil dan bermoral,"terangnya.

 

Menurut Sunyoto pramuka adalah ektrakurikuler wajib di sekolah oleh karena itu sebagai pendidik mau tidak mau kita harus tahu apa itu pramuka dan membantu pembinaan di sekolah. Materi yang ada di kurikulum KMD hanya sekitar 50 persen saja dan sisanya adalah pengembangan dan itu tidak hanya cukup hanya dengan menjadi peserta PPG tetapi sejauh nanti ketika sudah lulus pun harus terus berusaha mengembangkan bagaimana menanamkan pendidikan karakter pramuka kepada anak didik dan itu adalah suatu kewajiban agar bisa menghasilkan generasi yang mumpuni dan bermoral.    

 

 

 


  • Akademik
  • Humas