Secondary Nav

Menu

Berita Kampus

 

Surabaya- Mahasiswa  Pendidikan Profesi Guru (PPG) Pra-Jabatan Bersubsidi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya mengikuti kegiatan pelatihan bela negara. Bela negara ini merupakan salah satu kegiatan yang masuk dalam kurikulum PPG Pra-Jabatan. Menurut Dr Agung Pramujiono, MPd selaku Koordinator Program PPG kegiatan ini untuk membentuk karakter mahasiswa, untuk itu dalam pelaksanaannya kami bekerja sama dengan Puslatdiksarmil TNI AL Surabaya.

 

 

"Mengingat kegiatan pendidikan bela negara ini sangat penting ke depan pelaksanaannya akan diatur lebih baik lagi, saat ini pelatihan masih dilakukan di lingkungan kampus saja namun kami berpikir akan lebih mengena ketika para peserta ini dilatih langsung di Puslatdiksarmil"ungkap Agung.

 

Sementara itu, Rasyidi Pelatih Puslatdiksarmil Koordinator Surabaya mengatakan, selama empat kali tatap muka para peserta mendapatkan berbagai materi, yakni terkait wawasan kebangsaan, pelatihan baris-berbaris, hingga game untuk membangun karakter. Dia menuturkan walaupun ini masih termasuk pelatihan dasar tetapi sangat perlu dipelajari guna melatih disiplin, loyalitas, dan cinta tanah air dan bangsa.

 

Dia berharap setelah mengikuti pelatihan ini akan ada efek positif mengingat nantinya mereka akan berprofesi sebagai pendidik, karena menjadi guru tidak hanya mempunyai kewajiban mengajarkan terkait mata pelajaran saja tetapi juga harus mengajarkan bagaimana memiliki kesadaran sebagai warga negara yang baik.

 

Andreas salah satu peserta yang mendapat penghargaan sebagai peserta terbaik mengungkapkan bahwa dirinya dan teman-teman merasa sangat senang dengan adanya pelatihan ini, terlebih setelah sukses melakukan demonstrasi PBB itu sangat membanggakan karena sebelumnya ia dan teman-teman tidak pernah mendapat pengalaman ini.  Ia mengaku setelah mengikuti pelatihan ini ada perubahan terutama pada kedisiplinan dan menjaga ego agar tetap kompak satu sama lain.

 

Kegiatan bela negara yang diikuti sebanyak 43 mahasiswa PPG Prajabatan Bersubsidi ini diakhiri dengan upacara penutupan yang khidmad yang dipimpin langsung oleh Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unipa Dr Suhari SH MSi. Pada kesempatan ini turut hadir Dr Agung Pramujiono, MPd selaku Koordinator Program PPG, Dr Shoim Anwar MPd dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Ayong Lianawati dosen Bimbingan dan Konseling, dan tim dari Puslatdiksarmil TNI AL. Pada penutupan tersebut, para mahasiswa melakukan demonstrasi pertunjukan PBB yang apik.

 

Agung berharap Unipa Surabaya dapat menghasilkan lulusan yang sesuai dengan keinginan pemerintah. Dia mengatakan, setelah kegiatan bela negara peserta juga akan mengikuti kegiatan KMD (Kursus Mahir Dasar) bekerjasama dengan Pramuka Racana Dharma Pandu 493-494 Unipa Surabaya. "Hal itu, guna menciptakan guru yang memiliki rasa patriotisme dan cinta terhadap tanah air dan bangsanya sehingga bisa menjadi panutan yang baik bagi anak didiknya kelak,"ungkapnya.

 


  • Akademik
  • Humas