Secondary Nav

Menu

Berita Kampus

 

Surabaya- Pendidikan Khusus (PKH)  Universitas PGRI Adi Buana Surabaya menggelar perlombaan olahraga dan seni, seperti bulutangkis, catur, pantomim, videografi, dan essay di Gelora Hasta Brata Adi Buana. Sabtu, (3/11). Menariknya, dalam ajang ini adalah pesertanya dari penyandang disabilitas. Peserta berasal dari sekolah tingkat SLB dan Inklusi se-Jawa Timur. Meskipun memiliki kekurangan dari segi fisik tapi mereka memiliki kualitas yang luar biasa.  

 

Muhammad Irfan, SPd MPd koordinator lomba mengatakan, kegiatan ini adalah pertama kali dilaksanakan di Unipa Surabaya, sekaligus untuk memperingati Hari Disabilitas Internasional. Seperti halnya yang disampaikan Drs Djoko Adi Waluyo,  ST MM DBA Rektor Unipa Surabaya bahwa perlombaan khusus disabilitas ini akan dirutinkan setiap tahun untuk memperebutkan piala bergilir rektor.

 

"Acara ini bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PKLK) dan juga National Paralimpyc Comite (NPC)  Provinsi Jawa Timur," terang Irfan. Menurutnya, ajang ini sekaligus untuk mencari bibit-bibit unggul atlet disabilitas.

 

Menurutnya, sekarang perhatian pemerintah pada atlet disabilitas sudah bagus bahkan sudah disamakan seperti atlet normal, seperti di Asian Paragames yang baru saja digelar, dukungan pemerintah patut diacungi jempol. 

 

"Dari kegiatan ini semoga bisa membuka wawasan para guru untuk membina anak didiknya yang memiliki bakat di bidang olahraga sehingga bisa turut berpartisipasi,"ujar Irfan. Untuk mencari bibit atlet, NPC bahkan sampai mencari ke daerah-daerah. "Hal itu, dikarenakan pembinaan dari pihak sekolah kurang maksimal atau bahkan tidak dilakukan sehingga bakat tersebut tidak terekspos,"terangnya. 

 

Irfan mengatakan, perlombaan kali ini mempereputkan total hadiah senilai 15 juta rupiah. "Walaupun pesertannya tidak sampai ratusan tapi semangat para atlet disabilitas ini keren dan sangat menginspirasi,"kata Irfan bangga. 

 


  • Akademik
  • Humas