Secondary Nav

Menu

Berita Kampus

 

Surabaya-Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, Satuan Resimen Mahasiswa (SATMENWA) 828 Universitas PGRI Adi Buana Surabaya menggelar lomba keterampilan baris-berbaris dan cerdas cermat paskibraka se-Jawa Timur Open Tingkat SMA/SMK/MA di Gelora Hasta Brata Adi Buana,  Minggu, (28/18). 

 

Ada 13 peserta dari 11 sekolah. Antara lain dari SMAN 1 Rojotangan Tulungagung,  SMKN 1 Lamongan,  SMAN 1 Suko Mojokerto,  SMAN 2 Mojokerto,  SMA Al- Islam Krian,  SMK Mitra Sehat Sidoarjo,  MA Al-Islah Krian,  SMA ITP Surabaya,  SMKN 7 Surabaya,  SMKN2 Surabaya,  SMK,  dan IPIEMS Surabaya.

 

"Peserta yang ikut dalam lomba ini memperebutkan piala bergilir rektor dan piala bergilir komandan Menwa Jatim, ungkap Arif Nurrohman Komandan Satmenwa Unipa. Ia juga mengatakan,  senang karena lomba yang baru digelar pertama kali mendapat respons positif dari sekolah-sekolah karena memang paskibraka masuk dalam ekstrakulikuler. 

 

Agus Nur Fuad mantan Komandan 828 tahun 2015 mengatakan, sangat bangga dengan anggota baru bisa membuat event tingkat Jatim, semoga bisa menjadi tradisi yang rutin dilakukan setiap tahun. 

 

Menurutnya, untuk menggelar event seperti ini tidak gampang harus melibatkan banyak pihak seperti Dinas Pendidikan, Dinas Kota Surabaya dan Dinas Kepemudaan. "Sebenarnya, kegiatan ini sudah dirancang sejak tahun 2015 awal berdiri Satmenwa tetapi terkendala jumlah anggota dan koordinasi dengan pihak luar.  

 

"Kabar baiknya, kegiatan ini juga didukung penuh oleh universitas dan ada kesempatan ini Rektor Unipa Surabaya Drs Djoko Adi Waluyo ST MM DBA yang membuka acara ini didampingi oleh Wakil Rektor III Drs Pungut Asmoro ST MT," tambahnya.  

 

Sementara itu, Arif mengungkapkan bahwa peraturan dalam lomba ini sangat ketat, yakni harus memenuhi kriteria yang dibuat oleh panitia, seperti dalam lomba keterampilan paskibraka peserta harus mempunyai yel-yel,  variasi barisan,  dan 30 formasi yang wajib dilakukan,  sementara lomba cerdas cermat paskibraka peserta harus mengetahui tentang paskibraka dan wawasan kebangsaan. 

 

Dalam lomba LKBB diambil juara I,  II,  III dan juara harapan I,  II,  III, komandan pleton terbaik, dan yel-yel terbaik. Untuk LCCP diambil juara I,  II,  dan III.  

 

 

 

 

 


  • Akademik
  • Humas