Secondary Nav

Menu

Berita Kampus

 

Surabaya- Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) KSR PMI mengajak seluruh warga Universitas PGRI Adi Buana Surabaya untuk rutin melakukan donor darah,  selain bisa membantu sesama yang membutuhkan, donor darah juga dapat menumbuh kembangkan jiwa kemanusiaan dan solidaritas antarsesama. "Dengan rutin donor darah membuat tubuh menjadi lebih sehat," ungkap Dwi Ajeng Kusuma Wardani Ketua Pelaksana acara.  

 

Menurut Dwi Ajeng siapa saja bisa ikut donor darah asal memenuhi persyaratan menjadi pedonor. Syarat tersebut, antara lain berusia mimimum 17 tahun,  memiliki berat badan minimal 45 kg,  kadal hemoglobin minimal 12,5 g/dl, tekanan darah sistolik 110-160 mmHg, tekanan darah diastolik 60-100 mmHg,  tidak sedang hamil atau menyusui, dan tidak dalam pengaruh obat-obatan.  

 

Dia pun mengatakan, untuk menjadi pedonor sendiri mudah asal memenuhi persyaratan seperti yang ia sebutkan di atas, prosesnya pun cepat cuma memakan waktu sekitar 10 menit saja dan setelah itu pedonor juga bisa langsung beraktivitas seperti biasanya. 

 

 

Dwi menghimbau, sebelum donor darah, pedonor tidak makan 2-3 jam dan memperbanyak istirahat agar kondisi tubuh fit. "Bagi pedonor yang rutin paling tidak 10 kali hingga 100 kali akan mendapatkan piagam penghargaan dari PMI Kota Surabaya," terangnya.  

 

Untuk mewujudkan hal tersebut, kami secara rutin mengadakan kegiatan donor darah setahun tiga kali bekerja sama dengan Unit Transfusi Darah PMI Kota Surabaya. "Alhamdulillah, setiap pelaksanaannya sukses, paling tidak kurang lebih seratus orang yang mendaftar walaupun hanya sekitar 50 orang yang berhasil menjadi pedonor," ungkapnya.  

 


  • Akademik
  • Humas