Secondary Nav

Menu

Berita Kampus

Surabaya- Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan pendidikan awal sebagai pondasi dalam menempuh jenjang berikutnya. Oleh karena itu, penanganan ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) di jenjang ini sangatlah krusial. Pada kenyataanya, banyak guru PAUD kurang memahami cara menangani ABK karena umumnya mereka adalah lulusan dari S1 PG-PAUD yang tidak dibekali dengan kemampuan tersebut. Hal inilah yang menggelitik Ana Rafikayati, S.Pd., M.Pd dosen Pendidikan Khusus Unipa Surabaya untuk memberikan pelatihan tentang penanganan ABK.

 

Melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM), Ana menggandeng TK Peek a Boo dan TK Permata Bunda, Sidoarjo. Dia mengajarkan kepada guru mitra untuk memanfaatkan digital sehingga pembelajaran tidak hanya secara konvensional saja melainkan bisa dengan daring atau E-Lecturing. Dengan E-Lecturing memungkinkan guru untuk dapat melaksanakan pelatihan di mana saja dan kapan saja tanpa perlu bertemu tatap muka.

 

Ana menjelaskan E-Lecturing yang diterapkan Adi Buana Surabaya ini menggunakan platform google classroom. Dengan ini, selain pelaksanaan pelatihan face to face, kegiatan pelatihan juga dilaksnakan secara online, guru juga dapat memperoleh bahan pelatihan dengan cara mengunduh materi pelatihan secara online sehingga lebih mudah,"terangnya.

 

"Kelebihan lainnya, guru juga dapat melakukan konsultasi dan juga live streaming yang semuanya dapat dilaksanakan secara online baik melalui komputer maupun Hp Android yang dimiliki,"tambahnya.

 

Dengan pelatihan ini, dia berharap guru PAUD dapat menangani semua anak termasuk ABK di kelasnya, sehingga semua anak dapat berkembang sesuai dengan tahap perkembangannya. Dosen PKH Unipa ini juga optimis dengan menerapkan E-Lecturing guru dapat terampil menggunakan teknologi IT dan memanfaatkannya dalam pembelajaran mengingat pentingnya teknologi IT di era digital seperti sekarang ini.

 

Dia juga yakin dari pelatihan yang dilakukannya akan dapat mengubah mindset bahwa bagaimana pun kondisi anak, mereka butuh penanganan dan pelayanan yang maksimal dari guru agar dapat berkembang secara optimal dan ini sudah menjadi tugas guru untuk terus meningkatkan kualitas dirinya dan menyesuaikan dengan perkembangan digital.

 

 

 

 


  • Akademik
  • Humas