Secondary Nav

Menu

Berita Kampus

BERI AMANAT: Drs Djoko Adi Walujo ST MM DBA saat pembukaan acara KMD di gedung ajang gelar

 

Surabaya- Pembukaan Kursus Mahir Dasar (KMD) bagi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) yang diselenggarakan Racana Darma Pandu dibuka langsung oleh Drs Djoko Adi Walujo ST MM DBA Rektor Unipa Surabaya di Gedung Ajang Gelar Kampus II Dukuh Menanggal Surabaya pada Kamis 30 Agustus 2018. Menurut Djoko KMD mutlak bagi pembina oleh karenanya wajib dikuasai sebelum melakukan pembinaan.

 

Djoko menambahkan, pramuka juga tuntutan regulasi pemerintah bahwa di Kurikulum 2013 pramuka menjadi ektrakulikuler wajib, oleh karenanya seorang guru sekolah dasar wajib bisa mengajarkan pramuka dan KMD adalah sebuah sertifikat buat seseorang untuk bisa membina anak-anak di SD. 

 

Menurut penggiat pramuka itu, anak SD harus didasari suatu jiwa nasionalisme,  kebangsaan, cinta terhadap tanah air, suka terhadap bangsa, suka pancasila maka pramukalah yang membingkai hal itu karenanya ini sangat tepat bila pramuka harus ada di sekolah dasar.

 

Djoko menerangkan sensasi pramuka sebagai perekat NKRI juga sangat melekat karena di dalamnya ada wawasan-wawasan tentang merekatkan NKRI itu. Dia pun mengatakan bahwa KMD saat ini telah dikemas dengan lebih kreatif dan inovatif sehingga diharapkan dapat memberikan banyak pengetahuan, wawasan dan skill kepada peserta oleh karenanya peserta harus mengikuti apa pun arahan yang diberikan pelatih.

 

penyematan tanda peserta KMD

 

Sementara itu, Vina Lestari Ketua Pelaksana KMD mengatakan bahwa egiatan ini sudah menjadi agenda tahunan yang diikuti peserta dari dalam dan luar Unipa Surabaya. "Kali ini diikuti 125 peserta dengan komposisi 41 peserta siaga dan 84 penggalang,"ungkap Vina.

 

"Nantinya selama empat hari perkemahan, peserta akan diberikan materi tentang mengenal dunia siaga dan penggalang, ragam keterampilan pramuka,  praktik pembina siaga dan penggalang,  mendirikan tenda dan berkemah,  hingga penjelajahan,"kata Vina. Menurutnya, Kegiatan KMD ini adalah kursus awal selanjutnya diharapkan para peserta bisa mengikuti Kursus Mahir Pembina Tingkat Lanjutan (KML)

 

 

 


  • Akademik
  • Humas