Secondary Nav

Menu

Berita Kampus

 

Surabaya- Seminar nasional keolahragaan "Refleksi Prestasi Olahraga Indonesia Menuju Asian Games 2018 Dalam Perspektif Ilmu Keolahragaan" digelar di gedung Soelaiman Joesoef  Kampus II Unipa Dukuh Menanggal pada Kamis,  (9/8). 

 

Istimewanya, seminar nasional keolahragaan yang digelar Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya ini menghadirkan tiga narasumber, antara lain Dr. Ria Lumintuarso,  M.Si Ketua LP20 Lankor Kemenpora Jakarta,  Dr. Imam Hariadi, M. Kes Sekretaris LP20 Lankor Kemenpora Jakarta,  dan Dr. Irmantara Subagio, M. Kes Ketua IV Koni Jawa Timur.  

 

 

Ria Lumintuarsi mengatakan, prestasi olahraga tidak bisa instan harus melalui tahap-tahap pembinaan. Menurutnya,  program pembinaan jangka panjang dengan aplikasi keilmuan merupakan kunci prestasi itu sendiri. 

 

"Sementara untuk mendapat atlet dengan potensi tinggi diantaranya bisa melalui instrumen tes (fisik, psikologi,  kesehatan, dan genetik),"terangnya. Menurut Ria strategi pengembangan lainnya yang sangat menentukan prestasi atlit adalah tidak memaksakan kondisi atlit dengan melihat usianya demi puncak prestasi ke depan.  

 

Sementara Irmanto mengatakan, di ajang Asian Games 2018, Indonesia bakal berhasil menggondol 16 - 20 medali emas dan dapat meraih prestasi 10 besar dengan menerapkan strategi pengembangan yang baik dan peran maksimal seorang pelatih.

 

Menurut Iman Hariadi pelatih yang profesional adalah yang memiliki keahlian, asosiasi profesi pelatih,  tanggung jawab terhadap tugas,  berkualitas dan berwibawa. Dengan demikian, akan mampu melahirkan atlet yang berkualitas

 

Ujang Rohman dosen mata kuliah seminar mengatan, pihaknya sangat berharap dengan seminar refleksi ini akan membuka pengetahuan dan wawasan baru mahasiswa sehingga bisa melihat perkembangan olahraga nasional dan internasional terlebih tahun ini akan menikmati olahraga besar di asia.  

 

Seminar refleksi yang diikuti kurang lebih 173 peserta dari mahasiswa PKO Unipa ini merupakan tugas akhir mata kuliah seminar yang diampu oleh Dr. Ujang Rohman,  M. Kes dan Shandy Pieter Pelamonia, S. Pd.,  M. Pd. sebagai salah satu syarat kelulusan yang tujuannya mengajarkan mahasiswa untuk belajar mengelola suatu acara. 

 

 

 

 

 

 


  • Akademik
  • Humas