Secondary Nav

Menu

Berita Kampus

 

SURABAYA- Sebanyak 141 mahasiswa yang mengikuti program hibah Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN- PPM) DRPM Kemenristek Dikti Tahun Anggaran 2018 secara resmi diberangkatkan oleh Wakil Rektor I Dr. Hartono, M.Si di lapangan Kader Bangsa Unipa pada Rabu, (1/8).

 

Dalam sambutannya, Wakil Rektor 1 Unipa tersebut mengatakan agar mahasiswa senantiasa meningkatkan kewaspadaan dan kerjasama supaya program yang diusung dapat berjalan dengan lancar dan bisa membawa perubahan yang positif di desa yang dituju. Dia pun berharap agar mahasiswa selalu menjaga nama baik almamaternya.

 

Peserta program hibah KKN-PPM DRPM Kemenristekdikti ini akan tersebar di tiga desa, antara lain Desa Gedangrowo Kecamatan Prambon Sidoarjo, Desa Seketi Kecamatan Balong Bendo Sidoarjo, dan Desa Kalanganyar Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo. Adapun program utama yang diusung adalah budidaya jamur tiram, pengolahan limbah kotoran sapi menjadi biogas, dan konservasi air tanah dengan sumur resapan.

 

 

"Sebelum dilepas untuk KKN-PPM mahasiswa telah dibekali dengan materi terkait program sekaligus praktik langsung yang dilakukan di kampus,"terang Dr. Dra. Sukarjati, M.Kes Kepala LPPM Unipa Surabaya saat penyerahan dan penerimaan mahasiswa di desa. Sukarjati menegaskan bahwa mahasiswa membawa program pemberdayaan bukan pembangunan seperti membangun jalan, keramikisasi, atau pun neonisasi.

 

Ia pun menghimbau agar mahasiswa memanfaatkan momen ini untuk belajar bersama-sama dengan masyarakat untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada di masyarakat.  Serta mampu mengidentifikasi permasalan yang ada di masyarakat dan mengatasi permasalahan yang bersifat mendesak untuk jangka pendek, menengah atau jangka panjang.

 

Perempuan yang akrab disapa Yatik ini pun menegaskan supaya setiap program yang dijalankan selalu menyertakan masyarakat di dalamnya karena dengan begitu menandakan kesuksesan program yang dijalankan. Yatik juga mengatakan setelah prosesi serah terima harus mampu segera beradaptasi dengan lingkungan desa. Tak lupa ia mengingatkan mahasiswa untuk selalu mengenakan atribut selama menjalankan program KKN-PPM di desa.

 

 

 

 

 

 


  • Akademik
  • Humas