Secondary Nav

Menu

Berita Kampus

Surabaya- Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya kenalkan cabang olahraga Gateball kepada mahasiswa. Gateball merupakan cabang olahraga hasil modifikasi permainan Croquet atau permainan bola kayu yang menggunakan palu sebagai media memukul bola. Menurut Dr. M. Muhyi, M. Pd Ketua Program Studi PKO cabang olahraga baru ini berpotensi dikembangkan di Unipa. 

 

"Sebagai langkah awal untuk mengembangkan Gateball, PKO Unipa bekerjasama dengan Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (PERGATSI) Jawa Timur yang ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara  PKO Unipa, S2 Pendidikan Olahraga, Unipa Surabaya dengan PERGATSI Jatim,"terang Muhyi.  

 

Di Gedung Matadjit, selain penandatanganan MoU juga digelar workshop yang langsung diisi oleh tim dari PERGATSI yang diikuti oleh seluruh mahasiswa PKO Unipa. 

 

Muhyi menambahkan, Gateball bisa membuka peluang baru bagi para mahasiswa khususnya Unipa untuk menjadi pelatih atau atlet di cabang olahraga ini. 

 

Kaprodi PKO tersebut juga berharap bisa menjadi pusat pengembangan Gateball di Jatim ke depannya. Hal ini juga didukung penuh oleh Wakil Rektor III Drs. Pungut Asmoro, ST., MT agar cabor Gateball segera dibentuk menjadi pusat pengembangan dengan segera mengirimkan dosen untuk mengikuti pelatihan serta segera membentuk unit kegiatan mahasiswa cabor Gateball ini. 

 

Sementara itu Sekretaris PERGATSI Arifin Imanaji mengatakan, cabor Gateball baru pertama kali masuk di universitas khususnya di Jatim. Oleh karena itu, ia memiliki harapan  besar akan terlahir atlet-atlet Gateball baru dari sini.

 

Guna memberi pemahaman terhadap permainan ini, Arifin dan timnya juga mengajak untuk praktik langsung cara bemain Gateball yang benar di lapangan. Para mahasiswa terlihat nampak antusias mempraktikkan materi yang baru didapatnya.


  • Akademik
  • Humas