Secondary Nav

Menu

Berita Kampus

 

Surabaya- Program Studi (Prodi) Manajemen Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Surabaya menggandeng Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur dalam penyelenggaraan kuliah umum manajemen koperasi dan UMKM. Jumat, (6/7). 

 

Dalam acara ini dihadiri langsung oleh Imam Sutrisno selaku Kepala UPT Diklat Koperasi dan UKM Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur. Kuliah umum ini membahas terkait "Peran Pemuda dalam Menghadapi Generasi Milenial Melalui Koperasi dan UMKM". 

 

Menurut Sutrisno generasi milenial berperan penting dalam pengembangan bisnis-bisnis koperasi dan UMKM. Saat ini para pemuda sudah mulai mengembangkan bisnis mandiri seperti online, fotografi, kafe, afiliasi (blogger,  vlogger,  youtuber), resto, dan lain lain.  

 

Ia menambahkan, tak sedikit tantangan bagi generasi milenial diantaranya pendidikan,  pekerjaan,  dan gaya hidup.  Selain itu, terdapat juga tantangan internal antara lain Sumber Daya Manusia (SDM)  Koperasi dan UMKM, kelembagaan atau profesionalisme,  manajemen dan teknologi, modal usaha, produksi dan pemasarannya. 

 

"Cara agar bisa bertahan di dunia bisnis adalah harus memiliki jaringan, strategi, kreatif, inovatif, plan, dan pengalaman,"ujarnya. Menurutnya, saat ini juga banyak bisnis yang berbasis syariah dan ini memiliki potensi bisnis yang sangat bagus.

 

Di Jawa Timur memiliki 4,2 juta UMKM di tahun 2008, naik menjadi 6,8 juta UMKM di tahun 2012, dan di tahun 2016 4,67 juta. Sementara tahun 2017 siap ekspor 1.078 UKM, perintis ekspor 2.560 UKM,  dan regional 6.164 UKM.  

 

Menurutnya, Jatim merupakan provinsi yang sangat berpengaruh terhadap perekonomian di daerah lain di Indonesia karena letaknya yang sangat strategis usaha di Jatim bisa berkembang dan bisa memberikan dampak bagi sekelilingnya.  

 

Sementara itu,  Sutrisno, pihaknya juga berpesan dalam membangun dan memulai bisnis harus tahu segmen yang dituju dan rencana yang jelas namun yang utama adalah harus punya mimpi,  semangat dan fokus. 

 

Menurut Muhammad Oky Setiawan Ketua Pelaksana, kuliah umum ini merupakan tugas akhir mata kuliah manajemen koperasi dan UMKM 3 (SKS) yang diampu oleh Dra Cristina Menuk,  SE., M,M dan Siti Syamsiah,  SE., MM. Selain itu, ini sekaligus untuk menyongsong Hari Koperasi yang akan diperingati pada 12 Juli besok.


  • Akademik
  • Humas